• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Keber Serloni

Guru di Aceh Tengah Ikut Serta Lokakarya Tari Sining

4 November
19:10 2019
0 Votes (0)

KBRN, Takengon: Puluhan guru dan sanggar seni di Kabupaten Aceh Tengah mengikuti lokakarya tentang tari Sining.

Kegiatan digagas oleh Sanggar Kuta Dance Teater kerjasama Direktorat Kesenian, Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Panitia kegiatan Peteriana Kobat menyampaikan pembahasan dalam lokakarya tersebut adalah tentang apa itu tari sining, teknik, gerak dan dasar-dasar tari sining.

Diakui, tari Sining yang sudah pernah dipentaskan pada PKA ke 2 tahun 1972 itu, kini tidak lagi dikenal banyak orang. Tepatnya sudah 40 tahun terlupakan.

Melalui lokakarya yang di dukung Pemerintah Pusat tersebut, tujuan awal tari Sining untuk lebih membumi di masyarakat Gayo diharapkan cepat terwujud.

“Untuk pelaku seni masih yang saya ajarkan pertama banget. Karena melihat kesitu punya keinginan membuat kegiatan ini juga, jadi biar Sining itu memasyarakat di Takengon. Sedangkan Sining diluar Takengon masyarakat sangat kenal dengan tari Sining,” ujar Panitia kegiatan, Peteriana Kobat, Senin (4/11/2019)

Tari Sining sendiri menurut Pimpinan Sanggar Kuta Dance Teater, Peteriana Kobat atau lebih akrab disapa Ana Kobat adalah suatu tarian yang dilakukan masyarakat saat mendirikan rumah dan penobatan Raja (Reje).

Sedangkan gerakannya adalah berdasar pada dua ekor burung Uwo yang dilihat masyarakat saat hendak mencari kayu di hutan untuk rumah sang Raja.

Dua burung tersebut mengitari pohon yang akan ditebang untuk digunakan sebagai bahan rumah Raja.

“Terinspirasi dari gerakan burung Uwo. Saat rumah hamper jadi, dan para rumah mulai dibuat, secara spontanitas ada yang memukul-mukul papan dan kayu sehingga berirama music. Pemuda yang mendirikan rumah teringat dengan garakan burung Uwo dan menari di atas para-para rumah,” demikian Peteriana Kobat

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00