• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Presiden Joko Widodo Diminta Segera Realisasikan Gaji Kepala Desa Setara PNS Golongan IIA

18 October
15:09 2019
1 Votes (5)

KBRN, Takengon: Janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menaikkan gaji Kepala Desa dan Perangkat Desa lainnya setara Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan IIA di Provinsi Aceh  belum terwujud.

Anggota DPR Aceh /F-PKS Bardan Sahidi meminta Presiden untuk segera merealisasikan janji yang pernah disampaikan ke public itu.

Sebut Bardan, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2015 tentang Perubahan 17, PP Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil, gaji PNS golongan II A, saat ini ditetapkan sebesar Rp1,92 juta hingga Rp3,21 juta. Ini belum termasuk kenaikan gaji PNS yang dijanjikan Jokowi tahun ini sebesar 5 persen.

“Sampai dengan saat ini Presiden Jokowi belum merealisasikan janjinya, bahwa gaji Kepala Desa atau geucik itu setara dengan PNS golongan IIA. Oleh karena itu kita minta bahwa Presiden Jokowi harus segera merealisasikan janjinya,” sebut Anggota DPR Aceh /F-PKS Bardan Sahidi, Jumat (18/10/2019)

Ditambahkan Anggota DPR Aceh /F-PKS Bardan Sahidi, anggaran tersebut sudah tertuang dalam APBN dengan DAU yang di dalamnya terdapat pos belanja aparatur alokasi dana desa.

Agar system penggajian seragam, peran Bupati dan Walikota di Aceh juga diperlukan berupa mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) atau Perwal (Peraturan Walikota) Tentang besaran gaji bagi Kepala Desa (Kades) atau Geucik dengan memperhatikan kemampuan keuangan daerah.

Bardan mengaku miris melihat besaran gaji Kepala Desa di Aceh yang berbeda dengan besaran antara Rp 800 ribu sampai dengan Rp 3 juta.

“Agak miris ya kalau kemudian membaca dan memperhatikan system penggajian Kepala Desa dan Geucik di Aceh. Paling besar di Sabang Rp 3 juta, paling rendah di Aceh Timur Rp 800 ribu,” demikian Bardan Sahidi

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00