• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Harga Anjlok di Pasaran, Pemburu Buah Jernang Kembali Berkebun

17 October
17:34 2019
0 Votes (0)

KBRN,Redelong : Harga buah jernang yang sebelumnya cukup menggiurkan bagi masyarakat di Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Propinsi Aceh saat ini harganya sedang anjlok.

Salah seorang pencari buah jenis rotan itu Muspial Ariga mengatakan, harga jual jernang yang didapatkan setelah menyusuri hutan hingga berhari-hari saat ini mengalami penurunan cukup signifikan.

Dengan demikian sebutnya banyak masyarakat yang sebelumnya ikut mencari jernang untuk membantu perekonomian keluarga, kini kembali ke kebun masing-masing untuk merawat tanaman kopi maupun menanam palawija.

“Sudah habis pulang semua ke rumah, balik ke kebun lah lagi, kalau untuk harga buah segarnya, dari bulan Delapan kemarin turun terus, anjlok terus, biasa normalnya Rp 600 ribu, sekarang Cuma Rp 150 ribu,” katanya, Kamis (17/10/2019).

Muspial menambahkan, keengganan sebagian masyarakat pencari jernang yang untuk sementara tidak lagi menyusuri hutan juga disebabkan buah tersebut yang mulai sulit didapat akibat musimnya yang hampir berakhir.

Oleh karena itu, diharapkan ke depan harganya dapat kembali normal seperti sebelumnya terutama saat para pemburu jernang kembali menyusuri hutan pada saat musim panen berikutnya.

“Rencana nanti lah kami menyusuri hutan lagi, sekarang kan buahnya juga sudah mulai habis, maunya nanti pas musim lagi, harganya bisa kembali normal, bisa mahal lagi, jadi sesuai dengan beratnya perjuangan kami, keluar masuk hutan,” harapnya.(FJ)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00