• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kadinkes Aceh Tengah Akui Jumlah Tenaga Kesehatan di Pamar Belum Penuhi Standart Puskesmas

16 October
15:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Takengon: Pelayanan kesehatan di Kemukiman Pamar, Kecamatan Rusip Antara, Kabupaten Aceh Tengah mendapat sorotan dari Sekda Aceh, Taqwallah pada acara Rapat Kerja Lanjutan Percepatan Program Bersih, Rapi, Estetis dan Hijau (Bereh), Stunting dan Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon, Selasa 15 Oktober 2019.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah Jayusman menyampaikan bahwa jumlah tenaga kesehatan di daerah pedalaman itu masih belum memenuhi standart Puskesmas.

Namun jika dibandingkan dengan jumlah penduduk, jelas Jayusman, maka tenaga kesehatan di Kemukiman Pamar, Kecamatan Rusip Antara dinilai cukup untuk melayani masyarakat yang tinggal 85 Km dari Ibukota Aceh Tengah.

“Jadi gini, disana kan jauh. Jadi mungkin fasiltias yang kurang disana. Tenaga juga kurang. Tapi kalau dibandingkan dengan penduduk sama. Cuman kan penduduk sikit disana. Kalau standar Puskesmas kurang. Cuman standar penduduk, cukup sementara,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah Jayusman, Rabu (16/10/2019). Baca Masyarakat Pamar Minta Fasilitas Kesehatan yang Layak

Ungkap Jayusman, tenaga kesehatan yang belum tersedia di Kemukiman Pamar, Kecamatan Rusip Antara diantaranya dokter gigi dan apoteker.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah Jayusman menegaskan standart Puskesmas tetap harus dipenuhi.

“Memang kalau standar harus. Cuman kan kalau kemampuan daerah juga kita pertimbangkan,” demikian Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah Jayusman.

Mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Puskesmas, pada pasal 16 ayat 3 disebutkan jumlah tenaga kesehatan terdiri dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli teknologi laboratorium medik, tanaha gizi dan tenaga kefarmasian.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00