• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Sekda Aceh : Jangan Gunakan Dana Desa Untuk Studi Banding ke Luar Daerah

15 October
16:49 2019
4 Votes (1.5)

KBRN,Takengon : Keberadaan dana desa yang terus disalurkan pemerintah pusat setiap tahunnya ke seluruh desa atau kampung di tanah air, salah satunya bertujuan untuk menekan angka kemiskinan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Propinsi Aceh Taqwallah menyebutkan, hal itu dapat terwujud jika seluruh dana yang diberikan dapat berputar dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat setempat.

Hanya saja sebutnya, selama ini masih terdapat kampung yang menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) itu untuk kegiatan diluar kampung bahkan hingga di luar propinsi.

Salah Satunya ungkap Taqwallah, yakni melakukan kegiatan studi banding ke berbagai daerah yang kini sering dilakukan oleh para camat maupun aparatur kampung dengan menggunakan anggaran tersebut. 

“Dana desa diharapkan 100 persen berputar di desa itu, kalau masih bocor keluar, selama itu tak akan terperbaiki angka kemiskinan, kemudian jangan gunakan untuk pergi melakukan studi banding kesana kesini,” katanya di Takengon, Selasa (15/10/2019).

Sekda Aceh Taqwallah menambahkan, dalam pengelolaan dana desa ke depan dapat diusahakan dengan semaksimal mungkin, sehingga tidak ada lagi anggaran yang keluar dari kampung.

“Kalau bisa jangan ada Rp 1 yang keluar, kalau pun harus keluar, diupayakan agar dilakukan pada tingkat kecamatan atau kabupaten tempat kampung itu berada, jangan sampai ke tempat lain,” pintanya.(FJ)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00