• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kasus Stunting di Aceh Tengah Sasar 10 Desa Program KB

19 September
21:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Takengon: Aceh Tengah memiliki sebanyak 33 Kampung Keluarga Berencana (KB) yang dibina oleh sejumlah linas sector atau melibatkan sejumlah Dinas.

Namun sayang, dari 33 Kampung KB tersebut. Terdapat sedikitnya sepuluh Kampung yang masuk kategori stunting.

Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Alam Suhada menyampaikan Kampung KB tersebar 14 Kecamatan di Aceh Tengah.

Upaya pemberantasan angka stunting di Aceh Tengah terus digalakkan Pemerintah, sehingga untuk Kecamatan Ketol angka stunting di klaim telah berkurang.

“Ada sepuluh yang dikategorikan stunting. Dan Alhamdulillah berdasarkan laporan dari petugas Puskesmas yang di Simpang Juli (Kecamatan Ketol) sudah tidak ada lagi. Hanya ada satu lagi, kecil yang stunting,” sebut Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Alam Suhada, Kamis (19/9/2019). Baca Stunting di Aceh Tengah Diklaim Menurun

Data yang ada hingga tahun 2018, jumlah kasus gizi kurang dan stunting masih tergolong tinggi di daerah yang memiliki hasil alam melimpah dari segi pertanian, peternakan dan perikanan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Tengah Puan Ratna  mengungkapkan kasus kurang gizi di daerah berhawa sejuk itu mencapai 366 kasus tersebar di seluruh kecamatan.

Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama dari semua pihak dalam menekan kasus tersebut, termasuk pihaknya akan menggerakan Tim Penggerak PKK yang ada pada tingkat kecamatan maupun kampung-kampung.

“Sepertinya kita bukan tidak mampu, Aceh Tengah ini makmur dan alamnya sejuk, sehingga apapun yang kita tanam akan tumbuh subur, seharusnya kita malu masih ada yang kurang gizi maupun stunting,” demikian Puan Ratna

Sementara itu, dalam data yang ada 366 kasus di Aceh Tengah terdiri dari 203 gizi kurang dan 163 stunting, adapun daerah dengan jumlah tertinggi yakni Kecamatan Linge 63 kasus, Silih Nara 59 kasus, Ketol 45 kasus, Atu Lintang 40 kasus dan Kute Panang 39 kasus.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00