• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kedapatan Merambah Hutan Lindung, 6 Warga Bener Meriah Diamankan

17 September
15:53 2019
0 Votes (0)

KBRN, Redelong: Sebanyak 6 warga langsung diamankan saat kedapatan sedang melakukan perambahan hutan dan pembakaran lahan di Desa Wih Pesam Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

Kepala Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Burni Telong Aspriansyah kepada RRI mengatakan, pengamanan itu dilakukan saat Tim gabungan yang terdiri dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Bener Meriah, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) wilayah II Aceh, TNI/Polri dan unsur masyarakat melakukan patroli rutin.

Diakui, sebelumnya ia telah menerima informasi dari berbagai sumber terkait dugaan aktifitas perambahan lahan di wilayah yang telah ditetapkan sebagai kawasan hutan lindung tersebut.

“Sebelumnya kita sudah ada sosialisasi terkait kawasan hutan lindung serta peringatan terhadap aktifitas yang dilanggar namun tidak diindahkan, sehingga hari ini kita melakukan patroli rutin gabungan,” jelasnya, Selasa (17/9/2019).

Ia menyebutkan, para pelaku itu sebelumnya telah mengetahui bahwa lokasi tersebut merupakan kawasan hutan lindung namun saat ditanyai petugas tambahnya, para pelaku berdalih bahwa kawasan tersebut adalah lahan milik keluarga.

Saat ini pungkasnya, 6 warga perambah hutan lindung itu telah diserahkan kepada pihak yang berwajib Polres Bener Meriah.

Dijabarkan, pelaku perambahan hutan dapat dikenakan sangsi pidana penjara maksimal 10 tahun dan denda sebesar 1 milyar rupiah.

Berdasarkan informasi yang diterima RRI, luasan hutan yang dirambah telah mencapai 8 hektar.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00