• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Keber Serloni

MAG Bener Meriah Gelar Lomba Melengkan dan Syair Gayo

16 September
13:36 2019
0 Votes (0)

KBRN, Redelong: Majelis Adat Aceh (MAA) gelar perlombaan melengkan dan syair Gayo untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat se-Kabupaten Bener Meriah.

Kepala Sekretariat Majelis Adat Gayo (MAG) setempat Bukhari dalam laporannya menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang adat istiadat terkhusus bidang melengkan dan syair dalam bahasa Gayo.

Selain itu lomba budaya tersebut katanya, dilakukan sebagai pengenalan awal bila nanti generasi penerus terpilih menjadi reje, imem, petue kampung bahkan tokoh adat di masa yang akan datang.

“Kegiatan ini juga dimaksudkan demi terwujudnya syiar Agama Islam atau pesan dan nasihat melalui seni melengkan dan Syair Gayo,” ungkapnya, Senin (16/9/2019).

Dilaporkan, ratusan siswa dan siswi dari dua belas sekolah tingkat menengah pertama sederajat mengikuti perlombaan budaya tersebut.

Perlombaan dibuka langsung oleh Bupati Bener Meriah Sarkawi yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Bener Meriah Mukhlis.

Dalam sambutannya ia berharap, kegiatan itu dapat mengingatkan generasi muda untuk terus melestarikan tradisi dan seni asli dataran tinggi Gayo tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00