• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Sambangi Samar Kilang, Ini Pesan DPR

15 September
16:44 2019
1 Votes (2)

KBRN, Takengon : Masyarakat Kecamatan Syiah Utama Kabupaten Bener Meriah diminta tetap menjaga kelestarian hutan, memanfaatkan hasil hutan non kayu dengan sebaik-baiknya serta maksimalkan pengelolaan lahan yang ada.

Pernyataan ini diutarakan anggota DPRK Bener Meriah, Tgk Husnul Ilmi di sela kunjungan tidak resminya bersama Bupati Abuya Tgk Sarkawi ke Samar Kilang, Sabtu 14 September 2019.

"Mari maksimalkan lahan yang ada dan stop pembukaan lahan baru di kawasan ini," imbau Tgk Husnul Ilmi kepada awak media.

Dikatakan, lahan yang sudah dibuka cukup luas untuk di kelola sebagai lahan pertanian. Belum lagi areal sawah yang bisa dimanfaatkan untuk palawija pasca panen padi. 

"Kita jangan berlomba sebagai pemilik lahan luas, tapi mari menjadikan lahan yang ada dengan hasil maksimal," ajak politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini. 

Potensi hasil hutan non kayu seperti rotan bisa dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan. "Rotan bisa dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan dari Samar Kilang, tentu saja harus dengan keterampilan. Pihak terkait mesti menaruh perhatian terkait SDM pengolahan rotan ini," ujar Tgk Husnul.

Berikutnya soal wisata, Tgk Husnul menilai kawasan Samar Kilang sangat berpotensi sebagai destinasi wisata andalan di Bener Meriah.

"Sektor wisata harus dikembangkan di kawasan ini karena akan berdampak terhadap kelestarian hutan. Penebangan hutan akan berkurang dengan sendirinya jika sumber ekonomi dari sektor lain terbuka," tegas Tgk Husnul.

Selaku anggota di lembaga perwakilan rakyat, dirinya tetap mendukung serta memantau kebijakan pihak eksekutif terkait soal ini. 

"Kita akan mendukung serta selalu memantau kebijakan Pemkab soal ini," tegas Tgk Husnul.

Dalam kunjungannya ke pedalaman Samarkilang, Tgk Husnul bersama Bupati dan sejumlah tokoh mengendarai sepeda motor trail menyempatkan diri bersilaturrahmi dengan petani serta pengurus Karang Taruna setempat. 

Menyempatkan diri mampir ke kediaman tokoh masyarakat Tgk. M Ali Aman Hanif yang tidak lain adalah ayah mantan Bupati Bener Meriah Ahmadi. Namun sayangnya yang dikunjungi ternyata sedang berada di Pondok Baru Kecamatan Bandar.

"Insya Allah dalam kesempatan lain kita akan bertemu dengan Bapak Aman Hanif, semoga beliau senantiasi selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT," pungkas Tgk Husnul. (Rel)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00