• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Abuya Puji Pemuda Samar Kilang

15 September
16:43 2019
1 Votes (1)

KBRN, Takengon : Kalangan pemuda Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama Kabupaten Bener Meriah yang tergabung dalam wadah Karang Taruna dipuji Bupati setempat.

"Saya mendengar para pemuda yang bergabung dalam Karang Taruna sangat solid disini, ini yang kita harapkan dalam menyongsong masa depan lebih baik," ujar Bupati Abuya Tgk Sarkawi kepada sejumlah pengurus Karang Taruna Syiah Utama, Sabtu 14 September 2019 di Samar Kilang.

Bupati berharap, para pemuda kawasan tersebut terus meningkatkan kualitas SDM dengan berbagai keahlian. 

"Samar Kilang kaya sumber daya alam. Jangan biarkan percuma harus dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi," tegas Bupati.

Dia mencontohkan potensi wisata. "Keindahan alam harus dikelola sehingga memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat," pintanya.

Wisatawan harus merasa senang berada disini. Timpal Bupati. "Mereka membawa uang, dan bagaimana caranya dihabiskan disini. Tentu harus ada yang dibawa pulang berupa souvenir hasil kerajinan berbahan hasil alam disini mulai dari batu, rotan, ikan hingga madu," ujar Sarkawi.

Dan untuk mendukung kegiatan kepemudaan, Bupati Sarkawi menegaskan dirinya mewajibkan penggunaan dana desa dialokasikan untuk Karang Taruna.

"Manfaatkan dana desa dengan sebaik-baiknya untuk perbaikan ekonomi, baik dibidang pertanian, peternakan juga industri kerajinan," imbau Bupati.

Dirinya juga meminta pemuda selalu siaga menjaga kampung dari sumber bencana terutama bahaya narkoba. 

"Jaga kawasan ini dari bahaya narkoba, pemuda di garis terdepan menjaganya," ujar Sarkawi.

Sebelumnya, salah seorang pengurus Karang Taruna, Fajri menjelaskan bahwa pihaknya sudah memprogramkan pengembangan wisata yang diawali dengan budaya bersih lingkungan dengan menghidupkan budaya Jum'at bersih.

Lain itu, mereka juga tetap mengawasi orang masuk untuk mengantisipasi masuknya narkoba serta melakukan penangkapan ikan dengan racun.

Dia berharap Pemerintah Kabupaten mendukung pengembangan wisata di daerah tersebut.

Kehadiran Bupati Bener Meriah di Samar Kilang terkesan mendadak dengan mengendarai sepeda motor trail  didampingi anggota DPRK Husnul Ilmi, sejumlah tokoh masyarakat serta Camat Syiah Utama Khalisuddin. 

Bupati dan tim menyusur kawasan perkebunan dan bercengkrama dengan sejumlah petani. (Rel)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00