• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

21 Kampung di Aceh Tengah Belum Tersedia Internet

24 August
20:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Takengon : Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menyebut 21 dari 295 Kampung di daerahnya belum terakses jaringan telekomunikasi. Kampung itu katanya, terletak pada bagian pedalaman.

Untuk pemenuhan kebutuhan itu sebut Shabela, pemerintah daerah, juga telah mengusulkan kepada POS telekomunikasi untuk menambah 16 menara jaringan dari yang tersedia saat ini 66 menara.

"Sampai 2016, jumlah menara di Aceh Tengah 66," kata Shabela Abubakar dihadapan Sekretaris Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Dra. Rosarita Niken Widiastuti dalam forum diskusi lawan hoaks di gedung Ummi Pendopo Bupati Aceh Tengah, Sabtu (24/8/2019).

Akibat dari keterbatasan jaringan telekomunikasi itu kata Shabela, juga berdampak pada proses pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ia menyebut, dari 48 Sekolah Menengah Pertama yang ada di Aceh Tengah, hanya 25 sekolah yang memiliki koneksi internet. 

Kondisi itu kata Shabela, juga telah dilaporkan kepada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) agar jaringan internet di sekolah dapat dipenuhi.

Shabela berharap dukungan penuh Kementerian Kominfo dalam mengatasi persoalan jaringan telekomunikasi di Aceh Tengah. Hal itu sesuai tagline Kemenkominfo "Indonesia harus merdeka sinyal 2020".

Shabela juga berharap agar pemerintah pusat melalui Kemenkominfo untuk memprioritaskan Aceh Tengah dalam pembinaan sumber daya manusia dalam pengaplikasian teknologi informasi guna terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Pendamping dan pembinaan dari pemerintah pusat juga diharapkan berkesinambungan dalam rangka mewujudkan masyarakat informasi, terutama bagi kelompok Informasi masyarakat sebagai penghubung antara pemerintah dan masyarakat kampung.

Shabela juga melaporkan, dalam rangka mendukung pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan perencanaan pembangunan pusat pemerintahan pada tahun 2020 nanti. Untuk itu, Ia berharap agar Pemerintah pusat melalui Kemenkominfo dapat memfasilitasi baik dari segi sarana maupun prasarana.

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00