• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Aceh Diharapkan Jadi Tuan Rumah Pengganti untuk Popnas dan Peparpenas 2019

24 August
18:02 2019
0 Votes (0)

KBRN,Takengon : Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Bardan Sahidi berharap Propinsi Aceh dapat mengajukan diri menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV dan Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) IX tahun 2019.

Kondisi ini terkait dengan mundurnya Propinsi Papua sebagai penyelenggara Popnas dan Peparpenas yang sebelumnya dijadwalkan berlangsung pada bulan oktober 2019 mendatang, salah satunya akibat faktor keamanan.

Bardan menyebutkan, menyelenggarakan dua event olahraga pelajar tingkat nasional tersebut dinilai dapat menjadi bagian dalam persiapan bumi serambi Mekah sebelum menggelar PON XXI tahun 2024 bersama Propinsi Sumatera Utara.

“Ini peluang baik untuk kita mengajukan diri sebagai tuan rumah, kegiatan ini dapat menata kembali fasilitas dan infstruktur dan aset olahraga di Aceh, serta menjadi persiapan untuk menjadi tuan rumah event berskala nasional,” katanya, Sabtu (24/5/2019).

Kendati demikian, politisi dan penggiat olahraga itu tetap menyayangkan mundurnya Papua sebagai tuan rumah penyelenggara, sembari berharap situasi keamanan pada propinsi di ujung timur Indonesia itu dapat kembali kondusif.

“Kita tetap mendukung jika Popnas dan Peparpenas tetap berlangsung di Papua, dengan harapan Propinsi Papua dan Papua Barat kembali pulih, serta kehidupan masyarakat bisa kembali berjalan normal.” tambah Bardan.

Sementara itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah melayangkan surat pemberitahuan perihal pembatalan Popnas XV dan Peparpenas ke IX di Papua kepada seluruh kepala dinas pemuda dan olahraga tingkat propinsi di tanah air.

Kemenpora sendiri dalam surat tersebut masih terus mencari solusi atau tindak lanjut dari keputusan tersebut, tanpa menjelaskan apakah pelaksanaan kegiatan itu akan ditunda atau dipindahkan ke daerah lainnya.(FJ)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00