• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Lagi, Dua Seni Dan Budaya Gayo Menjadi Warisan Budaya Tak Benda

23 August
08:56 2019
1 Votes (5)

KBRN Takengon – Kembali dua seni dan budaya Gayo yaitu Tari Sining dan Gutel ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda ( WBTB ) melalui sidang Warisan Budaya Nasional (Warbudnas)  yang berlangsung pada Kamis ( 15 / 8 / 2019 ) di Jakarta. 

Salman Yoga S , selaku peneliti dan tokoh budaya Gayo yang hadir dalam acara tersebut bersama Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Dan Sejarah (BPNB Aceh-Sumut) Irini Dewi Wanti mengatakan, penetapan Warisan Budaya Tak Benda  tersebut adalah bentuk perlindungan dan pengakuan terhadap karya dan warisan budaya sebagai milik nasional sehingga tidak bisa di klaim sebagai milik daerah atau negara lain. 

“ penetapan WBTB adalah bentuk perlindungan dan pengakuan terhadap karya budaya dan warisan budaya sebagai milik nasional. Sehingga tidak bisa di klaim sebagai milik daerah atau negara lain,” terang Salman. 

Selain itu lanjut Salman, WBTB dapat dijadikan sebagai bentuk rekonstruksi dan revitalisasi warisan budaya  sehingga tidak akan hilang karena sudah tercatat dan teregistrasi sehingga dapat diakses kapan dan di mana saja. 

Sementara itu Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Dan Sejarah (BPNB Aceh-Sumut) Irini Dwi Wanti, S.S, M.SP mengatakan penting untuk menjadikan karya dan warisan budaya menjadi WBTB karena dapat dijadikan sebagai promosi kepada masyarakat luar agar lebih mengenal budaya dari asal karya budaya dan berharap pemerintah daerah untuk dapat menindaklanjutinya dengan membuat regulasi tentang pelestarian warisan budayanya dalam bentuk program-program yang berdasarkan WBTB. 

Untuk diketahui, sebelumnya telah ada tujuh tradisi Gayo yang telah dinyatakan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) diantaranya Saman Gayo, didong Gayo, kerawang Gayo, Keni Gayo, tari bines, tari guel dan pacu kude. //

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00