• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Tata Kelola Sampah, Pemda Aceh Tengah Terbitkan Qanun Pengelolaan Sampah

20 August
19:59 2019
0 Votes (0)

KBRN, Takengon: Pemerintah Aceh Tengah telah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) atau Qanun tentang pengelolaan sampah.

Hal itu disampaikan Analisis Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Aceh Tengah Rahmawati dalam dialog pagi di studio RRI Takengon, Selasa 20 Agustus 2019.

Jelasnya, ruang lingkup qanun Nomor 1 Tahun 2018 tersebut meliputi pengelompokan jenis sampah, tugas dan wewenang serta kewajiban Pemerintah Kabupaten dalam pengelolaan sampah.

Bahkan hak dan kewajiban, peran serta Pemerintah Kampung dan masyarakat dalam pengelolaan sampah sampai dengan intensif dan disintensif juga di atur dalam qanun pengelolaan sampah.

“Disini kita juga dalam rangka sosialsiasi juga ya, dimana qanun ini sudah selesai dibuat dan di tandatangani pada tanggal 28 April 2018. Sudah lama memang, makanya ini kita masih dalam tahap sosialisasi,” ujar Analisis Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Aceh Tengah Rahmawati, Selasa (20/8/2019)

Selama satu tahun ini, ungkap Analisis Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Aceh Tengah Rahmawati, masih dilakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Sedangkan efektif atau secara resmi diberlakukan, rencananya pada 1 Januari tahun 2020 mendatang.

“Diwacanakan pada 1 Januari 2020 ini harusnya sudah teralisasi, masih ada waktu. Jadi kita masih sosialisasi,” timpalnya lagi.

Sementara itu Ketua Forum Reje Kecamatan Bebesen, Jamaluddin mengaku hingga saat ini belum mendapatkan salinan qanun Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Sampah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00