• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Jelang Idul Adha, Harga Ayam Broiler di Takengon Justru Turun

8 August
15:47 2019
1 Votes (2)

KBRN, Takengon : Jelang hari raya Idul Adha 1440 H, harga ayam broiler di tingkat pengecer di Aceh Tengah turun 20 persen atau Rp 20 ribu perekor dari minggu lalu Rp 30 ribu.

Asisten Administrasi, Ekonomi dan Pembangunan Aceh Tengah, Harun Manzola kepada rri Kamis (8/8/2019) mengatakan, penurunan harga itu akibat ketersediaan melimpah, sementara permintaan melemah.

Kondisi ini katanya, berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana pada jelang hari besar harga merangkak naik. 

"Hari raya ini mungkin permintaan tidak begitu banyak," kata Harun Manzola.

Ia menyebut, ayam broiler itu dipasok dari Bireun dan sejumlah kabupaten kota lain di pesisir Aceh. Petugas katanya, juga rutin mengecek kesehatan hewan yang dipasok dari luar Aceh Tengah guna memastikan daging yang dikonsumsi masyarakat bebas penyakit.

Harun Manzola juga menjelaskan, kebutuhan pokok lain seperti beras, minyak goreng, tepung juga stabil. Hanya pada komoditi cabai merah yang mengalami peningkatan di tingkat pengecer 7,7 persen atau Rp 65 ribu perkilo dari harga jual sebelumnya Rp 60 ribu.

Peningkatan ini menurutnya, karena ketersediaan barang menipis, sementara permintaan meningkat.

"Itu berlaku hukum ekonomi, barang langka jadi mahal," kata Harun Manzola.

Menurutnya, kenaikan harga 7,7 persen itu juga tidak berdampak serius bagi masyarakat lantaran beberapa waktu lalu harga jual juga mencapai Rp 80 ribu perkilo.
 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00