• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Recycle Sampah Penghasil Bahan Bakar Minyak Oleh Salmah Raih Penghargaan

13 July
18:11 2019
0 Votes (0)

KBRN, Redelong: Berbagai macam kegiatan diperlombakan pada Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (PIPMG) Aceh 2019 di Bener Meriah, termasuk kategori lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG).

Inovator Salmah asal Bener Meriah menampilkan alat daur ulang sampah yang menghasilkan bahan bakar minyak dan alat tersebut diberi nama Recycle Sampah (Resam) serta berhasil meraih juara harapan III pada kategori tersebut.

Alat itu sebutnya, berbahan sampah plastik yang sudah tidak dapat digunakan kembali seperti kantong plastik, botol minuman mineral dan lain sebagainya.

“Sampah itu dimasukkan ke dalam tabung yang kemudian melakukan pembakaran disebut pirolisis dan selanjutnya dibakar lagi dengan menggunakan sampah ketam juga, jadi semua sampah jadi bermanfaat,” jelasnya, Sabtu (13/7/2019).

Sampah ketam sisa pembakaran tambahnya, juga masih dapat digunakan menjadi pupuk organik yang baik untuk tanaman.

Sementara itu ide pembuatan alat tersebut ujarnya, mulai sejak menjadi Duta Sanitasi Aceh tahun 2013 silam serta seringnya mengikuti workshop terkait pengolahan sampah yang akhirnya terpikir untuk membuat alat penghasil minyak dari sampah tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00