• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Teh Kulit Kopi Diminati Sejumlah Negara Asean

10 July
20:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Takengon: Negara Taiwan tertarik membeli kulit kopi dari dataran tinggi Gayo. Kulit kopi itu sebelumnya diproses untuk dijadikan teh.

Muhammad Haris dari Koperasi Baburayan menyampaikan permintaan teh terbuat dari kulit kopi telah di ekspor ke beberapa negara.

Diakui, jumlah masih terbatas. Negara Taiwan menginginkan setiap bulannya 200 ton teh kulit kopi di ekspor, akan tetapi Aceh Tengah masih mampu 4 ton saja/bulan.

“Kita sudah melakukan ekspor ke beberapa negara, salah satunya ke Taiwan. Itu terbesar. Memang dengan syarat yang sangat rumit. Tapi Alhamdulillah cascara bisa lolos dan diterima. Permintaan sangat besar, sampai 200 ton. Tapi kami baru 4 ton saja mampu,” ujar Muhammad Haris dari Koperasi Baburayan, Rabu (10/7/2019)

Ditambahkan Muhammad Haris, sejumlah negala lain yang sudah diberikan sampel dan melirik teh terbuat dari kulit kopi diantaranya Malaysia dan Korea Selatan.

Duakui, negara yang tertarik dengan kulit kopi ini kebanyakan dari negara-negara Asean.

“Pameran di Singapure, ada beberapa negara. Ini kebanyakan dari Asean tertarik. Korea Selatan juga udah coba sampel, dan tertarik dan akan order juga 200 ton perbulan,” timpalnya lagi.

Dengan jumlah lahan seluas 102 ribu hektar kebun kopi yang produktif di Gayo, jika dikelola dengan baik (kulit kopi), maka akan menghasilkan kurang lebih 500 Milyar.

“Itu nilai uang untuk jadi komuditas ekspor itu setengah triliyun, luar biasa sekali ini,” demikian Muhammad Haris dari Koperasi Baburayan

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00