• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Potensi Pasar Jeruk Keprok Gayo Cukup Menjanjikan

3 July
17:03 2019
0 Votes (0)

KBRN,Takengon : Jeruk Keprok Gayo yang tumbuh subur di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah, Aceh memiliki potensi pasar yang cukup menjanjikan sehingga layak untuk terus dikembangkan oleh masyarakat setempat.

Demikian diungkapkan Ketua Masyarakat Perlindungan indikasi Geografis Jeruk Keprok Gayo Aceh (MPIG-JKGA) Wiknyo, dalam program dialog interaktif “Gayo Menyapa” di Studio RRI Takengon, Rabu (03/7/2019).

Disebutkan, nama buah tersebut semakin terkenal setelah sering menjadi yang terbaik dalam berbagai kontes buah hingga ke tingkat nasional, kendati hingga saat ini hasil produksi buah masih cukup terbatas.

Bahkan ungkap Wiknyo, pada akhir tahun 2018 lalu dalam sebuah kegiatan di Jakarta, para penggemar jeruk menilai jika kualitas yang dimiliki jauh lebih baik dari jeruk import, sehingga layak dijual dengan harga tinggi.

“Saat di Jakarta lalu, ada seserorang penggemar buah jeruk, yang mengatakan kalau jeruk kita lebih baik dari jeruk dari Cina, kemudian saya bilang, kalau saya jual ibu mau bayar berapa, dia mau membayar Rp 40-60 ribu perkilogram,” katanya.

Dengan Kondisi yang ada, Wiknyo mengajak masyarakat setempat untuk kembali menggalakan tanaman jeruk keprok Gayo, terlebih pola tanam tanaman ini dapat dilakukan secara tumpang sari berdampingan dengan kopi.

Sehingga ke depan tambahnya, salah satu jeruk unggul di tanah air itu tidak hanya mampu memenuhi permintaan pasar lokal, namun juga di tingkat nasional bahkan pada pasaran eksport atau internasional.

“Permintaan jeruk kita sebenarnya tinggi, ada beberapa daerah yang juga meminta, tapi bagaimana mereka bisa dapat, untuk kebutuhan konsumsi masyarakat disini saja, terjadang masing kurang,” tambahnya.(FJ)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00