• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Keber Serloni

Masyarakat Upayakan Pengembangan Taman Makam Syuhada Pitu di Bener Meriah

28 June
18:22 2019
0 Votes (0)

KBRN, Redelong: Belum banyak yang mengetahui keberadaan Makam Syuhada Pitu di desa Sentosa Kecamatan Gajah Putih Kabupaten Bener Meriah.

Kepala Desa (Reje) desa Sentosa Darmawan kepada RRI mengatakan makam itu baru dipublikasikan sejak tiga tahun terakhir karena masyarakat masih mencari sumber referensi bahwa benar makam tersebut merupakan makam pejuang asal Gayo.

Sejak itu pula ujarnya makam pejuang itu mulai dibenahi dan dibangun  oleh masyarakat secara swadaya serta anggaran yang bersumber dari dana desa.

“Awalnya mantan camat Ilham Abdi yang melakukan penelitian disana, kemudian SMA Negeri 3 Lhokseumawe mereka juga melakukan penelitian dan menggali sejarah makam tenge besi ini,” jelasnya, Jum’at (28/6/2019).

Masyarakat sebutnya sangat antusias menyambut siapapun yang akan melakukan penelitian mengingat keinginan mereka untuk mengangkat sejarah yang telah lama terpendam sejak masa penjajahan  Belanda silam.

Ia dan masyarakat berharap pemerintah daerah turut campur tangan dalam hal pemugaran dan mengenalkan lebih luas terkait jasa pahlawan yang gugur di daerah Tenge Besi tersebut.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00