• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Penuhi Gizi Keluarga dan Masyarakat, Aceh Tengah Kembangkan Program KRPL

26 June
16:53 2019
0 Votes (0)

KBRN, Takengon : Pemerintah kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pangan setempat terus berupaya mengembangkan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) untuk meningkatkan ketahanan pangan melalui pemberdayaan sumber daya lokal yang ada dikabupaten tersebut.

Kepala Dinas Pangan kabupaten Aceh Tengah Nasrun Liwanza kepada RRI mengatakan pihaknya saat ini  terus membentuk kelompok KRPL diberbagai kampung yang tersebar di 14 kecamatan yang ada dikabupaten berhawa sejuk itu.

Dijelaskan, dengan memanfatkan pekarangan rumah dapat meningkatkan kualitas pangan masyarakat, karena berbagai jenis tanaman seperti buah –buahan dan sayur-sayuran dan komodits lainnya dapat ditanam, upaya tersebut dinilai dapat memenuhi kebutuhuan gizi keluarga.

“Kita memang berharap kedepan bisa seluruh kampung program ini kita laksanakan, namun karena keterbatasan anggaran kita laksanakan di wialayah tertentu dulu, tapi kita tetap lakukan sosialisasi serta kita berharap untuk program ini bisa dibantu dari alokasi dana desa biar dapat lebih merata.” ungkapnya, Rabu (26/6/2019). 

Dalam pengelolaannya masyarakat juga diarahkan untuk memanfaatkan pupuk organik serta menghindari berbagai jenis pestisida dan pupuk kimia agar pangan yang dihasilkan nantinya tidak mengandung bahan-bahan yang membahayakan.

Selain untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga terangnya program tersebut juga diarahkan untuk menekan pengeluaran Rumah Tangga dalam memenuhi kebutuhan pangan, mengingat pada waktu tertentu harganya dapat melonjak, sehingga  membebani pengeluaran keluarga.(BS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00