• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Stasiun Karantina Pertanian Banda Aceh Awasi Ekspor Kopi Gayo ke Amerika

18 June
20:46 2019
0 Votes (0)

KBRN,Takengon : Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Banda Aceh, melakukan pengawasan terhadap pengiriman Empat kontainer kopi arabika Gayo yang akan diekspor ke Amerika Serikat.

Pengiriman kopi terbaik asal dataran tinggi Gayo tersebut dilakukan oleh Koperasi Baitul Qirad (KBQ) Baburayyan, yang berlokasi di Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (18/6/2019).

Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Banda Aceh Drh Ibrahim mengatakan, pihaknya melakukan penyegelan karung dan pemberian sertifikat terhadap kopi yang akan dikirim melalui Pelabuhan Belawan Medan, Sumatera Utara.

Dengan demikian sebut Ibrahim, kualitas kopi akan selalu terjaga karena nantinya setiap barang yang dikirim baru dapat dibuka setelah tiba pada negara tujuan.

“Kita segel, kita beri sertifikat, langsung ditarik ke Belawan, jadi nanti barang ini bisa langsung masuk ke kapal, setelah diperlihatkan sertifikat dari sini, jadi sertifikatnya untuk menjamin, bahwa ini asli kopi Gayo, tidak dicampur dengan yang lain,” jelasnya.

Sementara itu, Manejer Pemasaran KBQ Baburayan Haris menilai, dengan adanya pengawasan ini pihaknya tidak lagi merasa khawatir dengan adanya upaya pencampuran dengan kopi kualitas rendah yang rawan terjadi selama proses pengiriman.

“Intinya dari perusahaan kita sangat yakin, kalau kopi ini tidak terkontaminasi dan tidak tercampur, karena kita mau terus mengangkat kopi Gayo, jangan sampai namanya rusak, karena kopi kita punya keunggulan, tapi di jalan sering dicampur kopi lain,” harapnya.

Kendati mampu menjaga kualitas kopi yang akan dikirim ke berbagai negara, hingga saat ini sejumlah perusahaan kopi di Aceh Tengah masih belum bersedia melakukan kerja sama dengan stasiun karantina pertanian tersebut.(FJ)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00