• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Suhri Sinaga : Kapal Korea temukan nelayan terapung di perairan Sulawesi, Tim Gabungan lakukan evakuasi

27 February
14:49 2020
0 Votes (0)

KBRN TAHUNA Kapal MV Glovis Desire Asal Korea Selatan menemukan nelayan terapung di Laut Sulawesi Melkias Tolomour 35 tahun asal Tumumpa Manado.Kepala Basarnas Provinsi Sulawesi Utara Suhri Sinaga dikonfirmasi RRI terkait evakuasi menjelaskan, awalnya pihak Basarnas mendapat laporan dari Kantor Pusat, kapal ini bertolak dari Banjarmasin menuju Korea Selatan.  Dalam pelayarannya berhasil menemukan korban terapung dan langsung diselamatkan.   Karena sang nelayan tidak memungkinkan dibawa ke Korea dan sesuai hasil koordinasi Kapal ini melintasi perairan Sangihe, dilakukan evakuasi oleh tim gabungan.

" Jadi awalnya kami dapat laporan dari kantor Pusat yang memonitor seluruh aktifitas udara dan pelayaran. nah, kebetulan kapal dari Banjarmasin menuju Korea Selatan yakni kapal MV Glovis Desire. pihak kapal tidaklah mungkin membawa nelayan ini ke Korea dan dilakukanlah koordinasi dengan Basarnas pusat menemukan korban terapung diperairan Sulawesi Melkias Tolomour 35 tahun. kapal ini akan melintasi perairan Sangihe dan evakuasi dilakukan Tim gabungan yang dekat dengan lokasi dengan   waktu tempuh kurang lebih 2 jam dari Tahuna."    

Sementara itu Danlanal Tahuna kolonel Laut pelaut Dony Aribowo melalui Pasops Sofwan mengatakan, Evakuasi dilakukan Tim  gabungan, setibanya di wilayah daratan, Tim Kesehatan lanal Tahuna langsung   melakukan pemeriksaan kesehatan. " Evakuasi dilakukan tim gabungan yaitu SARtahuna, Polairut Polres sangihe, juga Lanal Tahuna setibanya di tahuna  dengan menggunakan speedboat  miliki SAR Tahuna, langsung  dilakukan pemeriksaan oleh Tim kesehatan lanal Tahuna." 

Menurut Sofwan, pemulangan nelayan ini, ditangani pihak BPBD. " Jadi,  untuk proses pemulangan ditangani pemerintah daerah melalui badan penaggulangan Bencana daerah." lanjut Sofwan 

      

Berita Terpopuler

Berita Terfavorit

00:00:00 / 00:00:00