• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

HUKUM KRIMINAL

Pelajar Korban Lakalantas Signifikan, Polres Boyolali Tekankan Ortu Antar Jemput

27 February
07:58 2020
0 Votes (0)

KBRN, Boyolali: Kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan usia muda atau pelajar selama awal tahun ini cukup tinggi. 

Sedikitnya ada 28 kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar di Boyolali. Dari 750 kejadian laka lantas per tahun, sepertiganya generasi muda terlibat dalam kecelakaan. 

"Sangat disayangkan mengingat generasi milenial ini adalah generasi- generasi yang dalam usia produktif," ungkap Kasat Lantas Polres Boyolali, AKP Dwi Panji Lestari, disela-sela kegiatan Glorifikasi Safety Riding, bagi pelajar SMA, di gedung Panti Marhaen, Rabu (26/2/2020)

Kasat lantas menjelaskan Glorifikasi pelajar SMA ini untuk menggelorakan keselamatan sebagai kebutuhan hidup, terutama di kalangan generasi pelajar.

"Berlalulintas yang baik dan mentaati peraturan yang ada penting untuk keselamatan di jalan raya," tandasnya.


Untuk itu, pihaknya juga meminta kepada orang tua dan para guru untuk ikut mensosialisasikan kepada anak didiknya agar tidak mengendarai sepeda motor ke sekolah. Jika belum cukup umur.

Kalau usianya belum 17 tahun dan belum mempunyai SIM, tentunya jangan mengendarai sepeda motor terlebih dahulu. Bisa diantar atau ikut antar jemput.

"Orang tua juga jangan terlalu memaksakan anak-anaknya untuk menaiki kendaraan ketika usianya belum sampai 17 tahun dan belum memiliki SIM."

Sementara Kapolres Boyolali, AKBP Rachmad Nur Hidayat menambahkan, jumlah laka lantas didominasi usia produktif dan pelajar. Di tahun 2019 lalu saja, dari jumlah kecelakaan lalu lintas di Boyolali, 181 pelajar dan pemuda jadi korbannya.

"Padahal pelajar merupakan aset bangsa Indonesia kedepan. Untuk itu, kami mengajak pelajar untuk mengedepankan keselamatan berlalu lintas sebagai kebutuhan," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00