• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Kota Surakarta, Sabet Predikat Memuaskan dalam Pengawasan Kearsipan ANRI

26 February
22:24 2020
0 Votes (0)


KBRN Surakarta: Kota Surakarta menerima penghargaan dalam pengelolaan arsip daerah. Penyerahan dilakukan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia Tjahjo Kumolo dalam acara Rakornas Pengawasan Arsip di Hotel Sunan Solo, Rabu (26/2/2020).

Penghargaan diterima langsung  Walikota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo. Kota Surakarta menerima Penghargaan Pemerintah Daerah Kota Surakarta dengan nilai 82,44 Kategori A (Memuaskan). 

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai, Kepala Perpustakaan Nasional M. Syarif Bando, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, Plt. 

Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Jufri Rahman, Sekretaris Utama ANRI Sumrahyadi, serta para pejabat arsiparis dari kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah

Menteri Tjahjo mengatakan bahwa e-government dibutuhkan untuk penguatan sistem dan jaringan informasi kearsipan. Di era perubahan tata laksana untuk manajemen kearsipan dan birokrasi, serta open government dibangun untuk mendukung sistem kearsipan yang terbuka dan partisipatif. 

"Sehingga implementasi e-government merupakan sebuah kewajiban dan kebutuhan," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan bahwa pengelolaan arsip semestinya canggih. Sekarang masanya teknologi komunikasi. 

"Digitalisasi jadi keharusan. Arsip jangan merasa termarjinalkan," tandasnya.

Arsip adalah garda terdepan bangsa. Arsip adalah penyaji informasi yang akurat, alat bukti yang sah. Bahkan para pejuang kearsipan jangan lelah berkarya dan letih berkreasi dan berinovasi.

  • Tentang Penulis

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

  • Tentang Editor

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00