• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK & PEMILU

Tak Penuhi Kuota Pendaftaran PPS Pilwalkot Solo Diperpanjang

26 February
19:48 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Kota Surakarta akhirnya memperpanjang pendaftaran Panitia Pemungutan Suara (PPS). Perpanjangan dilakukan karena belum  memenuhi jumlah minimal yang ditentukan.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta Bambang Christanto menyatakan, perpanjangan tidak semuanya. Hanya 14 kalurahan yang diperpanjang dari total 54 kalurahan.

Laweyan, Sriwedari, Pasar Kliwon, Kepatihan Wetan, Sewu, Jagalan dan Jebres. Kemudian Juga kalurahan Kadipiro, Keprabon, Punggawan, Manahan, Sumber, Banjarsari dan Joglo,” ungkap Bambang Kepada RRI di kantornya, Rabu (26/2/2020).

Perpanjangan pendaftaran PPS dilakukan hingga 27 Pebruari besok. Sesuai dengan ketentuhan awal jumlah pendaftaran minimal dua kali kebutuhan atau enam pendaftar di masing-masing kalurahan.

Namun dari hasil rapat Koordinasi KPU se Jawa Tengah terakhir, ada kelonggaran tak sampai harus enam peserta. Kalau akhirnya hanya minimal tiga peserta sesuai jumlah kebutuhan sudah tercukupi.

Kebutuhan tiga , rakor di Propinsi ada kelonggaran tak harus sampai enam, namun tiga sudah tercukupi. Akhirnya ada kelonggaran selama lebih tiga tak harus enam sudah bisa. Sampai hari ini sosialiasi terus kita tempel informasi ke camat dan lurah dan stake holder agar pemenuhan kebutuhan PPS terpenuhi,” bebernya.

Menurut Anggota KPU Kota Surakarta Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM tersebut, Kelonggaran yang dilakukan tetap mengedepankan kualitas. Artinya para pendaftar tetap harus lolos seleksi test tertulis maupun wawancara yang nanti akan dilakukan sesuai jadwal tahapan.

“Jika tetap saja tak terpenuhi sesuai ketentuan KPU, kami akan bersurat ke lembaga pendidikan untuk pemenuhan kebutuhan kekurangan personal.”

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00