• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Menpan RB : 1,8 Juta ASN Akan Dipindahkan ke Ibu Kota Baru, Boleh Menolak?

26 February
17:26 2020

KBRN Surakarta: Sejumlah 1.8 juta Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dipindahkan ke ke ibu kota baru di di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Tak ada yang boleh menolak dari pemindahan ASN tersebut.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, pemindahan pegawai itu akan dilakukan di semua kementerian dan lembaga yang ada di Jakarta. 

"Semua pegawai harus bersedia untuk ikut pindah, kecuali pegawai yang menjelang pensiun dan tidak memiliki kompetensi," ungkap Tjahjo Kumolo dalam Rakornas Pengawasan Arsip di Solo Jawa Tengah Rabu (26/2/2020).

Menurut Tjahjo, jumlah pegawai yang akan dipindahkan mencapai 1,8 juta. Jumlah tersebut belum termasuk anggota Tentara Nasional Indonesia, TNI-POLRI serta kejaksaan. "Kemungkinan akan mulai pindah pada akhir 2023," katanya.

Kendatipun Menpan RB siap memindahkan jutaan pegawai namun masalah tempat tinggal para pegawai tidak dibicarakan di kementerian tersebut. Menurutnya, masalah tempat tinggal pegawai akan diurusi oleh Kementerian Pekerjaan Umum serta Bappenas.

"Yang jelas pasti disiapkan. PUPR dan Bappenas nanti. Tugas kami mendata semua ASN sesuai di lembaganya, pada waktunya dipindah akan dipindahkan," tandasnya.

Tjahtjo juga mengaku belum mengetahui skema untuk kepemilikan tempat tinggal bagi pegawai di ibu kota baru itu. Sebab, pemindahan ibu kota baru itu ditangani lintas lembaga. 

Lanjut Tjahjo, selain masalah perumahan, pemerintah juga akan membuat kebijakan mengenai transportasi di ibu kota baru. Menurutnya, Kementerian Perhubungan akan menyediakan alat transportasi umum. 

"Tidak mungkin 1,8 juta pegawai semua akan bawa mobil. Nanti malah akan membuat keruwetan baru," ungkapnya.

Saat ini Menpan RB tengah mendata semua ASN termasuk melakukan uji kompetensi. Pemerintah pusat juga melakukan rekrutmen ASN baru. 

00:00:00 / 00:00:00