• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

EKONOMI PARIWISATA

Kereta Bandara Sampai Stasiun Tugu, Bandara Adi Sumarmo Optimis Rebut Penumpang dari Jogja

25 February
11:17 2020
0 Votes (0)


KBRN, Surakarta: Bandara Internasional Adi Sumarmo Solo  optimis merebut pasar bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Pemindahan bandara ke Kulon Progo serta  dibarengi adanya penambahan rute Kereta Api Bandara sampai ke Stasiun Klaten meningkatkan optimisme itu.

Hal itu diungkapkan Operation and Safety Senior Manajer Bandara Adi Sumarmo Guntoro, Senin (24/2/2020). Menurutnya, penambahan rute Kereta Api Bandara Internasional Adi Sumarmo (KABIAS) ke Stasiun Klaten akan meningkatkan peluang potensi pasar di wilayah Klaten.

"Sebelumnya potensi pasar penumpang Klaten menyebar di bandara Adi Sucipto Yogyakarta, sehingga dengan penambahan rute ke Stasiun Klaten menjadi pilihan lain bagi penumpang untuk ke Solo," ungkapnya kepada wartawan.

Guntoro mengatakan, sesuai dengan study kelayakan yang sudah dilakukan rute KABIAS sampai ke Stasiun Tugu Yogyakarta. Namun rute itu akan dilakukan secara bertahap.

"Dimulai dari Stasiun Solo Balapan, kemudian merambah Stasiun Klaten untuk selanjutnya ke Stasiun Tugu," ujarnya. 

Dengan perpanjangan tersebut diharapkan penumpang pesawat yang melakukan perjalanan melalui bandara Adi Sumarmo makin banyak. Guntoro menabahkan, berdasarkan catatan di bandara Adi Sumarmo saat ini jumlah penumpang pesawat yang melalui bandara perhari 4.000 hingga 4.500 penumpang.

"Sekarang jumlah penumpang dari bandara Adi Sucipto bisa 18 ribu sampai 20 ribu penumpang per hari."

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00