• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK & PEMILU

Bila Rekomendasi Jatuh ke Gibran, Parpol Siap Tampung Purnomo di Pilwalkot Solo

22 February
18:06 2020
0 Votes (0)


KBRN, Surakarta: Kabar rekomendasi Bakal Calon Walikota Surakarta pun santer mengarah ke Gibran Rakabuming Raka. Sejumlah Partai Politik pun siap menampung Acmad Purnomo untuk melawan Gibran di Pilwalkot Solo.

Beberapa struktural Parpol di Solo telah menemui pengusaha yang kini menjabat Wakil Wakil Solo itu. Akankah Achmad Purnomo siap menerima pinangan partai politik dan keluar dari kader PDI-P?

Beberapa saat lalu, RRI berkesempatan ngobrol dengan Calon Walikota Purnomo di kediamannya Kelurahan Penularan Solo. Dia membeberkan partai politik yang menawarkan kursi AD 1 di Pilwalkot September mendatang.

"Beberapa partai politik menjalin komunikasi, tapi belum saya putuskan, karena masalah etika juga kan," ungkapnya, Rabu (19/2/2020).

Purnomo memang belum begitu tertarik untuk merespon tawaran tersebut. Ia memang masih menjadi kader PDIP. Di sisi lain masih optimis menunggu restu ketua umum DPP PDIP untuk modal maju Pilkada Solo.

Purnomo mengaku juga harus mempertimbangkan melawan PDI-P di Pilkada Solo tidak mudah. Mengingat Solo adalah kandang Banteng. Bahkan saat ini PDI-P menguasai parlemen di DPRD dengan 26 kursi. 

Belum lagi sebagian parpol sudah merapat ke PDI-P. Sehingga membangun koalisi tidaklah mudah dan tentunya biayanya tidak murah.

"Itu tidak saya pikirkan, (pindah dari PDI-P) tapi kelihatannya kok tidak. Karena sudah terlambat," ucapnya.

Disinggung melalui jalur independen Purnomo mengaku sudah tidak memungkinkan. Apalagi dia mengaku maju Pilkada karena dicalonkan oleh partai. Sebagai petugas partai pihaknya harus tegak lurus dengan instruksi DPC PDIP Solo.

"Saya malah kasihan dengan masyarakat Kota Surakarta. Malah nantinya terpecah belah. Saya ini cari apa hanya ingin mengabdi kepada masyarakat," sambungnya.

Mantan Dosen Farmasi UGM Yogyakarta itu kini tinggal pasrah menunggu pengumuman rekomendasi dari PDIP. Dia mengaku pasrah menunggu rekomendasi. 

"Pasrah saya sudah diberi tugas secara bulat dari DPC ya optimis, yakin. Mudah-mudahan dengan dukungan itu DPP memberikan rekomendasi ke Puguh (Purnomo-Teguh). Seandainya hasilnya lain, saya yakin DPP bijaksana. Sepenuhnya untuk kepentingan kita bersama
Saya siap menerima rekom, siap tidak menerima rekom."

  • Tentang Penulis

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

  • Tentang Editor

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00