• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

GAYA HIDUP

Medsos Tantangan Terberat Media di Era Digital, Wartawan dan Pengelola Media Harus Tampil Beda

20 February
21:52 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Mengelola media massa baik digital maupun konvensional saat ini dinilai sama sama beratnya. Tantangan terberat yang dihadapi adalah media sosial (Medsos).

Salah seorang wartawan senior joglosemar.com Puspo Wardoyo menyampaikan, adu cepat dengan Medsos media massa jelas kalah. Keberadaan Medsos memudahkan masyarakat untuk menyampaikan informasi apapun yang ia jumpai di sekitarnya tanpa perlu klarifikasi. 

"Jelas media on-line bermunculan itu jadi tantangan. Dan yang berat lagi Medsos, kadang informasi tidak valid pun langsung dapat diunggah dan dengan cepatnya menyebar (viral)," bebernya pada RRI, Kamis (20/2/2020). 

Sehingga media online atau konvensional seolah olah hanya sebagai klarifikasi dari informasi yang telah beredar di masyarakat. Menurut Wardoyo, untuk membuat media terus dibaca adalah selalu update. Selain itu juga menampilkan tulisan yang berbeda dengan media pada umumnya. 

Dengan adanya Medsos orang langsung bisa sebar informasi walau info belum valid sudah di-share. Kalau tulisan kita biasa biasa saja ya orang udah duluan dapat dari medsos," tandasnya.

Apalagi untuk media cetak saat ini sedang mengalami masa terburuk. Hampir sebagian besar masyarakat mendapatkan informasi dari gadget. Jika style koran tampil biasa sudah hampir pasti kurang pembacanya. "Coba kita lihat sekarang hampir tidak ada orang baca koran semua sudah pegang hp," ungkapnya.

Tak jauh berbeda, wartawan senior koran Suara Merdeka Anindita. Dia juga menyampaikan bahwa saat ini banyak media online, sayangnya tidak semuanya kredibel. 

Setiap media konvensional hampir pasti memiliki media on-line. Dengan mudahnya membuat media, seolah-olah setiap orang membuat media sendiri.

"Tapi perlu diingat bahwa tidak semua media on-line itu kredibilitas ada. Bahkan informasi yang disajikan belum tentu dapat dipertanggungjawabkan," kata Anin.

Anindito menjelaskan, bahwa masyarakat perlu mendapatkan pembelajaran, pemahaman tentang media yang kredibel. Masyarakat seharusnya jika mendapatkan informasi langsung dapat mencari referensi ke media yang sudah kredibel, memiliki nama dan resmi berbadan hukum. 

"Wartawan juga, seorang wartawan saat ini juga harus mampu bersaing dengan anak-anak muda banyak referensi dan juga mengikuti perkembangan zaman," tukasnya.

  • Tentang Penulis

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

  • Tentang Editor

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

00:00:00 / 00:00:00