• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

POLITIK & PEMILU

KPU Sukoharjo Berikan Kesempatan Bagi Balon Independen Untuk Serahkan Syarat Dukungan

20 February
09:37 2020

KBRN Sukoharjo : Hari pertama penyerahan syarat dukungan bakal calon (balon) perseorangan atau independen di KPU Sukoharjo masih sepi, Rabu (19/02/2020).

Belum ada satupun pasangan balon yang datang untuk menyerahkan syarat dukungan.

“ Ya, sesuai tahapan, penyerahan syarat dukungan pasangan perseorangan atau independen akan dibuka 19-23 Februari mendatang. Jika sampai pukul 00.00 WIB tanggal 23 mendatang tidak ada yang menyerahkan syarat dukungan, artinya tidak ada balon perseorangan di Pilkada Sukoharjo,” ungkap Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda kepada RRI.

Kendati belum ada satupun paslon yang menyerahkan syarat dukungan, namun menurutna sudah ada tim dari dua pasangan balon independen yang datang ke KPU untuk konsultasi mengenai syarat dukungan.

“Mereka adalah pasangan Suhadi Hadi Suwito-Dwi Yuni Kristiyanawati dan tim Wiwaha Aji Santosa. Bahkan, untuk pasangan Suhadi-Dwi Yuni sudah meminta user name dan password untuk mengunggah syarat dukungan ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon),” tukasnya.

Bahkan, dikatakan  Nuril Huda, KPU sudah memberikan bimbingan teknis pada pasangan Suhadi-Dwi Yani terkait tatacara mengunggah syarat dukungan.

Disinggung soal syarat dukungan tersebut, jumlah minimal yang harus dipenuhi pasangan balon perseorangan sebanyak 50.216 dukungan yang tersebar di 7 kecamatan. Hal itu dilampiri data serta fotokopi KTP.

“Setelah syarat dukungan yang diserahkan terpenuhi, KPU akan melakukan verifikasi faktual. Jika dalam verifikasi faktual tersebut ada syarat dukungan yang tidak memenuhi syarat, pasangan balon diberi waktu untuk perbaikan,” cetusnya.

Menurut Nuril, sesuai aturan, jika ada syarat dukungan yang tidak memenuhi syarat, pasangan calon harus menggantinya dua kali lipat dari jumlah yang tidak memenuhi syarat tersebut. (Edwi)

00:00:00 / 00:00:00