• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Pelihara Lingkungan Alam, Kapolres Wonogiri Dan Gubernur Jateng Tanam Pohon Di Doho Girimarto

20 February
09:15 2020
0 Votes (0)

KBRN Wonogiri : Dalam rangka menyongsong Hari Air Sedunia tingkat Provinsi Jateng dan upaya konservasi tanah dan air tahun 2020, Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing bersama Dandim dan Satpol PP melaksanakan penanaman bibit pohon.

Kegiatan tersebut digelar dalam kunjungan kerja Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, di Embung Doho Dusun Doho Rt 01/01 Desa Doho Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri, Rabu (19/02/2020).

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jateng menyampaikan himbauan, bahwa Sendimentasi Waduk Gajah Mungkur sudah parah, maka diperbaiki di hulunya dengan cara penanaman Pohon.

“ Ya,dengan tanam pohon sendimentasi bisa dicegah dan mata air tidak rusak, karena apabila pohon terawat, mata air dibawahnya sejauh 3 Km akan terjaga,” ungkap Ganjar.

Gubernur juga menerangkan bagusnya penanaman Vertiver (Akar wangi) yang berfungsi akan menahan erosi.

“Kalau ada sumber mata air harus dijaga, dimanfaatkan untuk penghijauan lingkungan kita,” cetusnya.

Kepada warga masyarakat Gubernur jga mengajak masyarakat, agar di bulan Februari-Maret ini untuk menanam pohon sebanyak- banyaknya.

“ Kami minta, agar masyarakat ikut menjaga mata air serta mengurangi sampah plastic,” cetusnya.

Sementara itu Kapolres Wonogiri AKBP. Christian Tobing, berpesan agar masyarakat berpartisipasi menanaman pohon sesuai anjuran dari pemerintah. Pada bulan Februari dan Maret pada musim penghujan ini dianggap bulan baik untuk menanam.

“ Silahkan, masyarakat bisa melaksanakan program dari pemerintah untuk menanam pohon pada musim penghujan ini ,” pinta Kapolres.

Kegiatan Kunjungan Kerja Gubernur Jateng ini, diselenggarakan oleh Dinas Pusdataru (Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang) Provinsi Jateng, DLHK Provinsi Jateng dan Pemkab Wonogiri.

Selain Gubernur dan Kapolres, dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jateng Ammy Rita Manalu BKSDA Provinsi Jateng Ir. Budoyo, Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf). Imron Masyadi, dan beberapa anggota DPRD Wonogiri.

Selain itu juga dihadiri pula oleh Pemerintahan Daerah Kabupaten Wonigiri antara lain Sekda (Plt) Teguh Setiyono, DKLH Wahyu Hidayat, Kepala BPBD Bambang Haryanto S.Sos., Camat Girimarto Rujito S.Sos., para Tokoh dan Warga Masyarakat Kecamatan Girimarto. (Edwi)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00