• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Pemprov Luncurkan Transportasi Aglomerasi, Pariwisata Kemukus dan Sangiran Terdampak

20 February
06:12 2020
0 Votes (0)


KBRN, Sragen: Tak lama lagi transporasti aglomerasi di jurusan Tirtonadi-Sumberlawang Sragen akan segera dioperasikan.

Pemkab Sragen optimis rencana pengoperasian transporasti Aglomerasi di jurusan Tirtonadi-Sumberlawang Sragen dapat meningkatkan minat masyarakat menuju ke pariwisata di sekitarnya, seperti Gunung Kemukus.

Kabid Lalulintas Dishub Sragen Davit Hendrata menyampaikan sudah ada analisa terkait dampak pengoperasian Aglomerasi, salah satunya berimbas positif untuk meningkatkan potensi wisata.

"Seperti dalam rencana pengembangan gunung Kemukus sebelumnya sudah ada kajian analisa dampak lalulintas," ujar Davit, Rabu (19/2/2020)

Menurutnya, pertengahan tahun antara bulan Juni-Juli Pemerintah Provinsi bakal melaunchingkan 14 armada bus dalam program aglomerasi ini. Davit mengatakan, Para wisatawan akan dijemput dari Terminal Tirtonadio Solo sampai Terminal Sumberlawang.

Sehingga bus aglomerasi trans jateng ini mengcover dua objek wisata unggulan Sragen yakni Sangiran dan Gunung Kemukus.

"Pertengahan tahun Pemerintah Provinsi bakal melonchingkan trayek Bus Trans Jateng dimana jalurnya sendiri dari Stasiun Solo Balapan sampai Terminal Sumberlawang yang bakal mengcover dua objek wisata Sangiran dan Gunung Kemukus,” bebernya.

Soal tarif, Davit Hendrata menyampaikan wisatawan tidak perlu risau merogoh kocek yang terlalu dalam. Karena tarif yang dibebankan cukup murah yakni antara Rp 2.000 untuk pelajar dan Rp 4.000 untuk umum jauh dekat. "Akan ada dampak positif, baik dari sektor lalu lintas yang ditunjang aglomerasi maupun dari sektor pariwisata," ungkapnya.

Beroperasinya Aglomerasi ini akan ada kebangkitan banyak sektor baik saat proses pembangunan maupun setelah proses pembangunan. Pihaknya berharap wisatawan baik dari dalam negeri maupun wisatawan mancanegara mau berbondong bondong untuk datang ke gunung kemukus.

"Semoga semakin ramai, karena sudah dibuat transportasi untuk menunjang dan memudahkan wisatawan berkunjung ke Gunung Kemungkus dan Situs Sangiran."

  • Tentang Penulis

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

  • Tentang Editor

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00