• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

EKONOMI PARIWISATA

Harga Bawang Putih Kating di Karanganyar Mulai Turun

19 February
22:38 2020
0 Votes (0)

KBRN, Karanganyar: Harga bawang putih Kating di kabupaten Karanganyar terus mengalami penurunan pasca melonjak drastis pada pekan lalu. Sebelumnya harga Komoditi bawang putih Kating sempat menyentuh angka 60 ribu perkilo di sejumlah pasar.

Berdasarkan data yang dihimpun RRI harga bawang putih di lima pasar acuan harga pada pekan ini berada di kisaran 45 hingga 35 ribu rupiah. Seperti di pasar Pasar Tawangmangu seharga Rp 45 ribu per kg, Pasar Jambangan Rp 35 ribu, Pasar Jungke Rp 40 ribu, Pasar Palur Rp 40 ribu dan di Pasar Jatipuro Rp 35 ribu.

Kasi Usaha Bidang Perdagangan Disdagnakerkop UKM Karanganyar, Eko Supriyadi mengatakan, penurunan harga bawang putih Kating terjadi secara bertahap sejak empat hari terkahir. Namun menurut Eko harga tersebut masih tergolong tinggi dibanding dengan harga normal.

"Harga saat ini sudah turun secara bertahap,Tapi harganya masih relatif lebih tinggi dibading pada umumnya," ungkapnya, Rabu, (19/2/20).

Laporan harga tersebut terus dikomunikasikan dengan Tim Pengendali Inflasi Karanganyar, sebagai data pengukuran."Kita selalu laporkan harga komoditi itu ke Tim Pengendali Invlasi Daerah," timpalnya.

Sementara itu Sekretaris daerah Karanganyar Sutarno mengatakan Komoditas bawang putih memang sering mengalami fluktuasi harga, yang disebabkan berbagai faktor, seperti Hambatan distribusi hingga gagal panen.

“Harga bawang putih sudah turun. Informasi dari tim pengendali inflasi daerah demikian, tapi kita lihat tidak berpengaruh ke komoditi lain," jelasnya.

Lanjut, Sutarno, mengatakan harga Bawang putih kating sudah mengalami penurunan dan cenderung stabil sesuai dengan rilis harga 40 komoditas pekan lalu dari tim dinas perdagangan karanganyar.

"Seperti Data dari tim Dinas Perdagangan itu harganya sudah mulai stabil, " tandasnya.

00:00:00 / 00:00:00