• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

3 Titik Lahan Bergerak, Segera Ditinjau Pemkab Karanganyar

18 February
16:19 2020
0 Votes (0)

KBRN, Karanganyar: Pemerintah Kabupaten segera meninjau lahan bergerak di tiga wilayah Karanganyar. Ketiganya di Dusun Dederan Desa Nglegok, dan Dusun Potrojalu Desa Girimulyo Kecamatan Ngargoyoso, serta Desa Menjing Kecamatan Jenawi

Ketiganya sudah dikaji dan diteliti tim Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) pada Januari lalu.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan, keputusan melakukan tinjauan tersebut usai laporan rekomendasi tertulis dari PVMBG diterima secara langsung.

"Laporan secara tertulis dari tim PVMBG sudah kita terima lewat BPBD karanganyar," terang Bupati Selasa, (18/2/20). 

Pria yang akrab disapa Yuli itu mengatakan, perlu dilakukan tinjauan untuk mengetahui kondisi lahan saat ini. Serta untuk memperkirakan dampak yang dapat ditimbulkan.

"Besok kita ajak kesana (BPBD), perlu di tinjau, disana kan tidak hanya 1 titik, tapi kan luasan, kemungkinan yang ini tidak lagi diperkenanakn, karen gerakan itu resiko," jelasnya. 

Dikatakannya, hasil peninjauan nantinya digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan penanganan lebih lanjut terhadap lahan bergerak tersebut.

"Ya kita akan cek dulu seperti apa dan sebagainya, sehingga masyarakat tau, publik harus tau, lingkungan harus tau, ini lho yang perlu di perhatikan," bebernya.

Sementara itu, salah satu warga terdampak longsor di desa Nglegok Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Ami Triyatmi berharap segera mendapatkan kepastian dari pemerintah Kabupaten Karanganyar. Utamanya terkait tindak lanjut penanganan lahan pasca dilakukan penelitian dari Tim PVMBG.

"Kita sudah tinggal disini hampir 2 bulan, kan kejadian 23 Januari, itu kan katanya sudah dari PVMBG udah keluar pak camat kesini tanah terakhir itu keputusannya di tanggul atau di geser, enggak direlokasi," ungkapnya.

Namun Ami menginginkan ada solusi selain relokasi, sehingga masih dapat menempati rumahnya meski berada ditepi lereng longsor.

"Ya kita liat dulu kalo di relokasi kemana, tapi ya mending di sini, karena kan juga suami kerja disini, namanya rumah sendiri lebih nyaman," tandasnya. 

00:00:00 / 00:00:00