• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Bupati Sukoharjo Ajak Petani Manfaatkan Kredit Usaha Rakyat KUR

17 February
19:58 2020
0 Votes (0)

KBRN Sukoharjo : Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan fasilitas yang disediakan pemerintah untuk para petani. Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya mengajak mereka untuk memanfaatkannya.

Ajakan tersebut disampaikan dalam pelaksanaan sosialisasi kebijakan pertanian dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kabupaten Sukoharjo Tahun 2020 di Pendopo Graha Satya Praja, Senin (17/02/2020).

Menurutnya, diterbitkannya peraturan Menko Perekonomian Nomor 8 tahun 2019 tentang Pedoman Kredit Usaha Rakyat merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah dalam mendorong petani untuk bisa maju Mandiri melalui program KUR dengan bunga rendah yaitu sebesar 6% pertahun.

“Kami mengajak seluruh pengurus P3A/GP3A, Kelompok Tani atau Gapoktan, kelompok usaha budidaya perikanan, peternakan dan perkebunan untuk bisa menyebarluaskan informasi kepada seluruh petani,” ungkapnya.

Bupati juga berharap  apa yang menjadi tujuan dalam rangka mewujudkan pertanian maju mandiri dan modern di Kabupaten Sukoharjo dapat tercapai.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Widodo, selaku Ketua Panitia mengatakan, selain sosialisasi KUR, kegiatan ini juga menyampaikan pentingnya pembangunan pertanian 2020 yang maju maju dan modern.

“ Tujuannya agar peserta dapat mengetahui dan memahami kebijakan pertanian di Kabupaten Sukoharjo dan peraturan menteri koordinator perekonomian Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2019 tentang pedoman kredit usaha rakyat dan agar dapat memanfaatkan kredit usaha rakyat dengan bunga yang sangat rendah yaitu 6% per tahun untuk usaha tani bagi para petani di Kabupaten Sukoharjo ,” cetusnya.

Sosialisasi menghadirkan Kepala Dinas Pertanian dan perikanan Pemkab Sukoharjo Netty Harjiyanti dengan materi  kebijakan pertanian dan Kredit Usaha Rakyat ( KUR ) dan Kepala Cabang Bank BRI Unit Nguter Sapto Warsono. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Wardoyo Wijaya juga menyempatkan diri melakukan undian doorprize sepeda untuk peserta. (Edwi)

00:00:00 / 00:00:00