• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Cuaca Ekstrem dan Peningkatan Volume Kendaraan Perparah Kerusakan Jalan di Solo

17 February
19:34 2020
0 Votes (0)

Foto Ilustrasi

KBRN, Surakarta: Beban perawatan jalan Kota Solo meningkat akibat pengalihan lalulintas dampak Pembangunan Fly Over Purwosari. Apalagi ditambah hujan terus menerus kerusakan jalan semakin parah.

Kepala Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo, Endah Sitaresmi mengatakan, hasil d
inventarisir hampir seluruh jalan di Kota Bengawan mengalami kerusakan. 

"Ada dua faktor utama yang menyebabkan kerusakan jalan yakni beban jalan dan cuaca hujan," ungkapnya kepada wartawan di nDalem Joyokusuman, Senin (17/2/2020).

Menurut Sita, musim hujan mengakibatkan jalan menjadi cepat rusak, karena hujan akan merembes ke sela material jalan sehingga mengurangi kekuatan aspal. Jalan juga akan lebih cepat rusak jika dibebani kendaraan di atas spesifikasi yang ditetapkan untuk jalan tersebut. 

Sita mengatakan kerusakan jalan akan segera diperbaiki karena saat ini anggaran sudah dilelangkan. "Jalan Solo sudah diinventarisir dan kita sudah lelangkan karena pengerjaan dilaksanakan pihak ke tiga. Banyak banget hampir semua mengalami kerusakan, mudah mudahan nanti akhir bulan sudah ada pemenang ada kegiatan untuk sapu lobang," katanya.

Sita juga menyebutkan kerusakan jalan juga sampai over pass Manahan. Hanya saja proyek tersebut sampai sekarang belum diserahkan ke Pemkot Surakarta karena masih masa perawatan.

"Mungkin Maret baru selesai pemeliharaan. Kalau belum diserahkan kita tidak bisa memperbaiki. Tapi kita udah berkirim surat ke rekanan," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Surakarta Hari Prihatno menampik jika kerusakan jalan akibat pengalihan lalulintas. Menurutnya cuaca menjadi faktor utama jalan tersebut tidak awet ditambah volume kendaraan yang meningkat.

"Faktor utama mungkin hujan ya, kalau pengalihan kan baru saja. Ditambah volume kendaraan meningkat," tandasnya.

Hari mengatakan memang dilema dalam menyikapi permasalahan saat jni karena proyek fly over juga perbaikan infrastruktur untuk lalu lintas. Selain itu proyek nasional yang harus didukung oleh pemerintah Kota Surakarta. 

"Ya gimana semua memang berkaitan. Kalau kerusakan saya rasa bukan pengalihan arus penyebabnya," tambah Hari.

  • Tentang Penulis

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

  • Tentang Editor

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

00:00:00 / 00:00:00