• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

EKONOMI PARIWISATA

Mentan Jamin Corona Tak Ganggu Stok Bawang Putih

13 February
14:26 2020
0 Votes (0)

KBRN Surakarta: Merebaknya Virus Corona di Wuhan China diklaim tak akan ganggu pasokan pangan, khususnya bawang putih. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan stok bawang putih di Indonesia tetap aman.

"Mau ada (virus) Corona atau tidak ada tetap aja. Kita sudah hitung. Bawang putih sebenarnya masih ada kurang lebih 84 ribu ton sampai 120 ribu ton. Kenapa terlalu panik?" kata Mentan, disela operasi pasar bawang putih dan cabai di Pasar Gede Solo, Kamis (13/2/2020).

Mentan mengklaim Indonesia masih memiliki stok bawang putih sampai 120 ribu ton. Selain itu, dia memperkirakan akhir Februari ini petani sudah memanen bawang putih. Hasilnya bisa mencapai 50 ribu ton.

"Kita punya bawang putih 50 ribu ton. Akan panen akhir Februari sampai Maret. Kalau begitu sampai 2-3 bulan tidak ada masalah kan," ujarnya.

Mentan Syahrul Yasin menegaskan, jika sampai stok di Indonesia habis dapat melakukan impor dari negara lain. Menurutnya import bawang putih tidak hanya dari China.

"Harus ada, nggak boleh main-main ngurusi negara. Nggak ada yang haram diimpor. Kalau memang kita butuh yang penting kalian butuh, barangnya ada," ujarnya.

Disinggung produksi bawang putih lokal yang jauh dari mencukupi kebutuhan nasional, Mentan mengaku dibeberapa daerah ada yang menanam. Bahkan pihaknya mendorong petani untuk mengembangkan bidang bawang putih, guna mengurangi ketergantungan impor.

"Tentu berproses, bawang putih itu tumbuh di daerah subtropis, kita tidak termasuk. Kita tropis tetapi bukan berarti tidak bisa menanam. Kita lagi coba terus, untuk menutup kebutuhan kita," ujarnya.

00:00:00 / 00:00:00