• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Seleksi 4 Kepala Dinas Solo Dibuka, Pejabat Eselon Tiga Wajib Ikut

13 February
13:39 2020
0 Votes (0)

KBRN Surakarta: Empat jabatan kepala dinas di lingkungan Pemkot Surakarta yang kosong mulai dilelangkan. Pejabat eselon tiga pun diwajibkan untuk mengikuti seleksi tersebut. 

Empat jabatan yang dilelang meliputi jabatan Kepala Dinas Koperasi dan UKM, jabatan Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan, jabatan Kepala Satpol PP, dan jabatan Kepala Dinas Kebudayaan. 

Pemkot Surakarta pun telah membentuk panitia seleksi (Pansel) jabatan pimpinan tinggi Pratama yakni, Dr. Anwar Hamdani, dari akademisi, Tuhana, Ir. Budi Yulistianto, mantan Sekda, Ir. Ahyani, Sekda Surakarta dan Nur Haryani, Kepala BKPPD. 

Ketua Pansel Anwar Hamdani menyampaikan, SK Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi di
lingkungan Pemerintah Kota Surakarta sesuai dengan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri tanggal 29 Januari 2020. 

Setelah penyerahan SK dilanjutkan dengan sosialisasi pelaksanaan seleksi secara terbuka dan kompetitif di Hotel Grand HAP yang diikuti seluruh pejabat eselon tiga. 
"Hari ini kita kumpulkan pejabat eselon 3 untuk sosialisasi. Pendaftaran mulai kemarin langsung kita buka," ungkap Anwar kepada RRI, Kamis (13/2/2020).

Anwar mengatakan, seleksi pejabat eselon dua kali ini berbeda-beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena tahu  ini selain terbuka juga seleksi dengan sistem kompetisi. 

Selain itu seleksi kali ini dimulai dari uji kompetensi terlebih dahulu, baru setelah lulus dilanjutkan dengan uji program dan gagasan.

"Kalau dulu itu kan uji program dulu, uji gagasan itu, Setelah itu ada yang lulus ad yang tidak lulus. Bagi yg lolos lanjut uni kompetensi, sekarang begitu daftar langsung uji kompetensi dulu. Lha itu ada yg lulus ada yang tidak," jelas Anwar.

Anwar Hamdani berharap pendaftar seleksi jabatan tinggi pratama diikuti banyak peserta. Sehingga target empat kompetitor dalam satu jabatan terpenuhi. 

Pihaknya menyampaikan pansel akan seobyektif mungkin dalam melakukan seleksi pejabat ini, tidak akan ada titipan dan intervensi dari siapapun. 

"Berati kita akan melakukan seleksi secara kompetitif ya mencari terbaik dan pansel punya kode etik melaksanakan secara obyektif transparan profesional dan akuntabel."

  • Tentang Penulis

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

  • Tentang Editor

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

00:00:00 / 00:00:00