• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

EKONOMI PARIWISATA

Harga Bawang Putih Tembus 80 ribu, Mentan Operasi Pasar di Solo

13 February
13:18 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Harga bawang putih sudah mencapai Rp 80 ribu per kilogram di sejumlah daerah di Indonesia. Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, mengadakan operasi pasar di Solo. Hal ini untuk menekan harga bawang putih dan harga cabai.

Operasi Pasar dipusatkan di pasar Gedhe Solo. Selain itu juga berlangsung di sejumlah pasar tradisional, seperti Pasar Nusukan, Pasar Ledoksari dan Pasar Gading.

Secara simbolis SYL membuka operasi pasar dengan memberangkatkan mobil pengangkut bahan pangan dari Pasar Gede ke pasar tradisional di Solo. Pihaknya berharap dengan operasi pasar ini dapat menurunkan harga komoditas bawang.

Mentan mengatakan, pemerintah harus bertindak ketika harga pangan menjadi terlalu tinggi. Harga bawang putih saat ini seharusnya di kisaran Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu/kg.

"Kalau udah berlebihan, terlalu tinggi, kan dari Rp 30-40 ribu jadi Rp 80 ribu. Kalau kita tidak tahan ini, bisa saja semua jadi bersoal," ujar Syahrul di Pasar Gede, Kamis (13/2/2020).

Mentan memastikan, kendatipun China terdampak Virus Corona namun dia memastikan stok bawang saat ini masih aman. Selain masihnya cadangan stok impor tahun lalu.

"Alhamdulillah dari deteksi kita tidak ada yang langka, cuma kepanikan. Mungkin juga supplier dan distributor memperlambat suplai sehingga seakan-akan langka. Makanya kita minta semua pihak terlibat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi mengatakan pemerintah telah gencar melakukan operasi pasar sejak akhir Januari. Sebelumnya telah digelar di DKI Jakarta, Sumatera Barat dan kali ini Solo. Kali ini operasi pasar di Solo disediakan 12 ton bawang putih.

"Hari ini kita sediakan 12 ton bawang putih dan 10 ton cabai rawit dan cabai merah besar."

00:00:00 / 00:00:00