• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Fosil Gading Gajah Purba 4 Meter yang Ditemukan Petani Sragen Masih Diteliti Jenis dan Usianya

27 January
21:39 2020
0 Votes (0)

KBRN Sragen: Fosil Gading Gajah sepanjang 4 meter yang ditemukan petani di Desa Bonagung Kecamatan Tanon Sragen sepekan yang lalu dijamin keasliannya dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran. Namun demikian lembaga tersebut akan meneliti lebih jauh terkait usia fosil, jenis gajah purba hingga keberadaan habitat gajah purba itu. 

Untuk memastikan fosil tersebut, tim dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Dinas Kebudayaan Pemkab Sragen, Kepolisian serta Balai Desa Bonagung melakukan identifikasi tempat penemuan fosil gading gajah purba itu, Senin (27/1/2020).

Baca Juga : Tanam Jagung Petani ini Malah Temukan Fosil Gading Gajah

Fosil tersebut ditemukan tak sengaja oleh Puryanto (42) dan Giyono (38) saat mengolah lahan di sebuah kebun mereka. Dody Wiranto Kasi Perlindungan dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran mengatakan, fosil itu asli gading gajah yang ditemukan di daerah Bonagung Tanon. Namun terkait usia fosil pihaknya masih harus diteliti.

"Masih kita teliti, termasuk jenis gajah purbanya, dan juga habitatnya apakah di situ," ungkapnya kepada RRI seusai melakukan identifikasi fosil.

Menurut Dody, lahan penemuan fosil itu merupakan dikawasan lembah. Merujuk sejarah merupakan rawa-rawa karena banyak ditemukan fosil kerang dan binatang air. Kemungkinan gading terbawa arus dari lokasi lain.

"Kita masih mengkaji ya, bagaimana bener benar di lokasi itu. Kadang-kadang ditemukan di sana tapi ternyata tidak benar, didatangkan dari daerah lain," jelas Dody.

Sementara itu Penemu Fosil Puryanto (42) warga RT 24 Bonagung menungkapkan, fosil ditemukan saat akan mengolah lahan untuk ditanami jagung. Tiba tiba cangkulnya menyangkut sebuah batu yang diduga malah bahan peledak, namun setelah digali sampai satu meter ternyata gading gajah.

"Ditemukan di ladang untuk tanam jagung, tiba tiba cangkul nyangkut saya kira bahan peledak. Saya gali 1 meter ternyata fosil itu," ujarnya.

Fosil gading gajah yang panjangnya seitar 4 meter itu dalam kondisi tidak utuh, alias dalam bentuk bongkahan bongkahan batu jika disusun menjadi sebuah gading. Fosil yang berusia sekitar 700 tahun itu sementara disimpan di kediaman Puryanto. Pihaknya masih menunggu tindak lanjut instansi terkait.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00