• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Bandara Solo Tutup Penerbangan Dari dan Menuju China, Touris China Akan Dipulangkan

27 January
21:07 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Bandara Internasional Adi Sumarmo Surakarta mulai hari ini Senin (27/1/2020) menutup sementara penerbangan dari maupun menuju Cina. Penutupan dilakukan menyusul merebaknya virus Corona di negara tersebut.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Sumarmo Abdulah Usman mengungkapkan, penutupan dari hasil rapat yang dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Angkasa Pura I dan maskapai penerbangan Citylink. Penutupan penerbangan itu sifatnya Until Further Notice (UFN) atau di lakukan tanpa batas waktu hingga dinyatakan aman. 

"Akan di buka lagi penerbangan sampai penyakitnya reda, baru di buka lagi. Bahkan sampai minggu depan pun belum ada kepastian  akan di buka lagi atau belum," ungkap Abdullah Usman.

Penutupan sementara itu atas permintaan dari pihak yang bersangkutan seperti goverment, tour and travel dan maskapai penerbangan. Kendati pihak  regulator atau dalam hal ini dari Kementerian Perhubungan tidak melarang penerbangan Kunming–Solo. 

"Karena jarak dari Kunming ke Wuhan cukup jauh. Tapi kami sepakat menutup penerbangan sementara waktu," ujarnya.

Abdullah Usman menjelaskan, meski untuk sementara waktu menutup penerbangan dari maupun menuju Cina. Namun pihak Bandara Adi Sumarmo akan memulangkan kembali wisatawan dari Kunming yang tiba di Solo Kamis pekan lalu. Mereka dijadwalkan kembali ke tanah airnya pada Rabu 29 Januari 2020 malam.

Para wisatawan dari Kunming cina yang datang di bandara adi sumarmo Solo pada tanggal 23 januari 2020 lalu sebanyak 173 orang. Mereka menggunakan maskapai Citylink dengan pesawat airbus A320 Neo 

"Sebenarnya berdasarkan dari pemeriksaan Thermal Scanner tidak ditemukan adanya tanda tanda penyebaran virus Corona," ucap Abdullah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00