• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Hore... Kendaraan Dinas 267 Lurah di Boyolali Ganti N-Max Merah, Ada Kode Politik?

27 January
20:44 2020
0 Votes (0)

KBRN Boyolali: Kendaraan Operasional Lurah di Kabupaten Boyolali awal tahun ini diganti dengan yang baru. Sejumlah 267 unit Yamaha N-Max itu tertata rapi di halaman Kantor Badan Keuangan daerah (BKD) Boyolali, Senin (27/1/2020).

Sepeda motor yang baru tiba itu siap digunakan untuk operasional 261 kepala Desa (Kades) dan 6 Lurah se- Kota Susu itu. Rencananya 267 unit sepeda motor ini langsung akan dibagikan dalam waktu 2-3 hari kedepan.

Penggantian kendaraan dinas lurah dilakukan di tahun politik. Ada kaitannya dengan Pilkada September mendatang?

"Setelah pengecekan sepeda motor oleh petugas selesai kita bagikan," ungkap Sekertaris BKD Boyolali, Sri Mulyanto kepada wartawan.

Dia mengatakan, sepeda motor tersebut baru saja tiba Senin pagi. Selanjutnya, dari dealer dan petugas BKD melakukan pengecekan unit sepeda motor. Pengecekan untuk memastikan kelengkapan sepeda motor dan dapat berfungsi dengan baik. 

Pengecekan juga untuk memastikan kecocokan Surat tanda nomor kendaraan (STNK). Antara Plat nomor dengan nomor rangka (Noka) dan Nomor Mesin (NOSIN). "Rencananya, diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Boyolali Seno Samodro," sambungnya.

Diharapkan motor dinas baru ini membantu kinerja kades dan lurah dalam memberi pelayanan terhadap masyarakat. “Kita langsung hibahkan kepada Pemerintah desa. Sehingga perawatan, dan segala sesuatunya menjadi tanggung jawab pemerintah desa. Berbeda dengan daerah lain yang sistem pinjam pakai,” terangnya.

Pengadaan ratusan unit sepeda motor baru ini menelan anggaran tujuh koma sekian miliar. Dengan harga perunitnya sekitar Rp 27,5 Juta. Sedangkan untuk motor dinas lama, Suzuki Shutter tak dikembalikan ke Pemkab Boyolali.

"Motor dinas saat itu dibeli oleh Pemdes masing-masing. Sehingga pengoprasian sepeda motor tersebut menjadi kewenangan Desa atau lurah masing-masing."

Sementara itu Kades Canden, Kecamatan Sambi Jiyanto menyambut positif motor dinas baru tersebut. Dengan motor baru ini dapat menunjang operasional Pemdes dalam melayani masyarakat. 

“Mobilitas Kades atau perangkat menjadi lebih cepat dan fleksibel. Sepeda motor ini didukung dengan bagasi yang luas. Dapat untuk menyimpan dokumen-dokumen desa dan piranti lainnya." Kisno

  • Tentang Penulis

    Ahmad Sukisno

    Ahmad Sukisno RRI Reporter Surakarta

  • Tentang Editor

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00