• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Bening Kekasihku, Ijab Kabul Bonus Pembaharuan Data Kependudukan

27 January
20:20 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Warga Kota Solo usai ijab kabul dan resepsi pernikahan, kini tak lagi perlu ribet melakukan pembaruan berkas administrasi kependudukan. Adminduk mereka langsung terupdate otomatis dengan status tidak lajang lagi. 

Saat ini, dengan KTP Seumur Hidup sering kali masyarakat lupa update status perkawinan mereka. Misal dari “belum menikah”, “cerai hidup” maupun “cerai mati”, menjadi “menikah”. 

Kini dengan program Bening Kekasihku (Berkah Nikah Ganti KK KTP Sesuai Impian dan Harapanku), status tersebut langsung tertera dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK). Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surakarta, Yohanes Pramono mengatakan terkadang tidak disadari pasangan yang baru menikah malas memperbarui data kependudukannya. 

"Mereka menganggap segala urusan telah selesai di Kantor Urusan Agama (KUA), sehingga tidak langsung mengurus perubahan berkas-berkas itu," terang Pramono, Senin (27/1/2020).

Padahal status lama bisa mendatangkan kesulitan pada kemudian hari, salah satunya terjadi tatkala pasangan tersebut memiliki buah hati. Proses pengurusan akta kelahiran sang anak jelas tidak bisa dilakukan, jika status perkawinan kedua orang tuanya belum diubah menjadi nikah/kawin. "Kami tolak kalau statusnya belum nikah, harus dilakukan perubahan data dulu," ujarnya.

Menurut Pramono, kini Pemkot lantas memutuskan mengintegrasikan layanan pembaruan dokumen kependudukan dengan layanan pencatatan perkawinan. Kerjasama dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) pun dilakukan, hingga tercetus program baru bernama  (Bening Kekasihku).

“Jadi begitu ada pasangan yang menikah di KUA, selain mendapatkan buku nikah, mereka bisa langsung mendapatkan KK dan KTP yang sudah di-update status perkawinannya. Dengan demikian tidak perlu wira-wiri mengurus ke Dispendukcapil,” tegas Pramono.

Pramono menjelaskan, istimewannya program tersebut, pemberian dokumen kependudukan dengan pembaruan status perkawinan itu, dilakukan pada hari H prosesi pernikahan di KUA. Begitu berkas-berkas pernikahan diserahkan calon mempelai ke KUA sebelum hari H, petugas KUA langsung mengirimkan data-data pasangan kepada Dispendukcapil. 

"Setelah lolos verifikasi oleh petugas Dispendukcapil, KTP dan KK baru itu bisa langsung dicetak, sehingga bisa diserahkan usai pernikahan," katanya.

Selain meringankan kewajiban pasangan dalam memperbarui dokumen kependudukan mereka, Bening Kekasihku juga menguntungkan Pemkot. Utamanya dalam menjaga tertib administrasi kependudukan.

  • Tentang Penulis

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

  • Tentang Editor

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00