• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Butuh 30 Miliar untuk Renovasi Lapangan Pendamping Stadion Manahan di Piala Dunia U-20

25 January
15:30 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Sedikitnya dibutuhkan anggaran Rp 30 miliar untuk menyiapkan lapangan pendamping Stadion Manahan Solo yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20 tahun depan. Perbaikan setiap lapangan diproyeksikan membutuhkan anggaran senilai Rp 5 miliar.

Pemkot Surakarta pun mulai ancang-ancang untuk menyiapkan sarana dan prasaran pendukung vanue utama Stadion Manahan yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat latihan club. Dari hitungan kasar yang dilakukan Pemkot ternyata dibutuhkan anggaran yang cukup fantastis yakni mencapai Rp 30 miliar.

"Anggaran itu untuk menata Stadion Sriwedari, Lapangan Kota Barat, Lapangan Banyuanyar, Karangasem dan Sriwaru," ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surakarta, Joni Hari Sumantri, Sabtu (25/1/2020).

Joni mengungkapkan, setiap lapangan sekurang-kurangnya membutuhkan anggaran Rp5 miliar. Joni mengatakan hitungan Rp5 miliar itu bukan berdasarkan DED (detail engineering design) yang sudah jadi. "Itu hanya mengukur luasan dan bahannya, bisa jadi lapangan satu dengan yang lain tidak persis sama kebutuhan anggarannya. 

Ia mengungkapkan sekitar 10 hari lalu, PSSI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meninjau Stadion Manahan dan sejumlah lapangan pendukung. Kunjungan tersebut menghasilkan skema perbaikan atau renovasi yang dibutuhkan.

“Kami sudah menyampaikan ke pemerintah pusat soal lapangan pendukung yang belum bisa memenuhi sesuai FIFA (Federasi Sepakbola Internasional) dan PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia). Terapinya harus dilakukan perbaikan dan renovasi, tapi Pemkot tak bisa menganggarkan, jadi minta bantuan pusat,” jelas dia.

Menurut Joni, penanganan kontruksi oleh pemerintah pusat, sedangkan Pemkot Solo hanya dapat mendukung kebutuhan Analisis dampak lingkungan (Amdal) lalin dan sebagainya. Lanjut Joni, field of player (FOP) lima lapangan pendukung harus sama dengan Stadion Manahan. 

Di antaranya memiliki ukuran standar minimal internasional berukuran 100 meter x 64 meter dengan jenis rumput sama. Standar minimal kelengkapan lapangan latihan yang disyaratkan lainnya yakni, saluran drainase, toilet dan kamar ganti. "Lokasi tidak boleh jauh dari hotel atau sekitar 20 menit perjalanan."

  • Tentang Penulis

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

  • Tentang Editor

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00