• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Ganggu Sarang Tawon, Empat Pelajar Klaten Diserang Vespa Affinis

22 January
09:14 2020
0 Votes (0)

KBRN, Klaten : Tawon Vespa Affinis kembali  menyerang empat siswa SMP Negeri I Trucuk Klaten Senin (20/1/2020). Mereka  terpaksa  dilarikan ke klinik karena mendapatkan serangan tawon tersebut.

"Benar ada empat murid kami yang disengat tawon pada jam istirahat. Sekitar  pukul 09.00. Mereka memgalami sengatan pas bagian tangan, telinga dan kepala,” ungkap Kepala Sekolah SMP Negeri I Trucuk Titin Windiyarsih kepada wartawan Rabu (22/1/2020).

Kronologisnya  ketika jam istirahat  pertama seperti biasa para siswa bermain di halaman sekolah. Namun ada salah siswa Bayu Setiaji yang sedikit usil  dengan melempari sarang tawon yang berada di pohon cemara setinggi sekitar  dua meter dengan menggunakan batu kerikil.

Namun mereka terkejut nampaknya tawon  yang  berada didalamnya terusik dan menyerang balik ke arah siswa bahkan mengejar hingga  keruang kelas. Namun naas empat siswa masing-masing Bayu Setuaji, Khoirul Iqbal, Muh Ilham dan M Faaiz terkena sengatan tawon vespa affinis.

"Anak itu (Bayu) agak jail. Sarang itu dibandemi (dilempari) dengan batu  kecil  sehingga mubal. Tempatnya  pendek  di pohon cemara dan dekat kelas. Bawahnya setiap hari  dibersihkan. Yang  melempar dientup tiga dan  mengejar hingga ke ruang  kelas,” tambahnya.

Setelah  terkena sengatan tawon  itu kempat siswa tersebut mengalami mual, keringat dingin, pusing dan sesak napas. Selanjutnya oleh pihak sekolah dibawa ke Klinik untuk mendapatkan pertolongan.

"Selanjutnya mereka dibawa ke rumah sakit (klinik). Kondisi anak  ini  dari  empat  siswa tiga diantaranya sudah masuk dan satu siswa belum namun saya  pantau anak tersebut dalam kondisi baik,” tambahnya.

Titin menambahkan, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi lagi atau menghilangkan traumatik terhadap mereka untuk sementara dua kelas yang berdekatan dengan tempat sarang tawon itu dipindahkan ke tampat lain. Selain itu  juga  memberikan pemahaman kepada siswa untuk selalu waspada terhadap jenis tawon tersebut.

Keberadaan sarang tawon vespa affinis langsung dilaporkan kepada intasnsi terkait. Ti dari Jogoboyo Kecamatan Trucuk  malam harinya langsung melakukan eksekusi.

“Laporan sekitar  jam sepuluh pagi. Kemudian pada malam hanrinya sekitara pukul 19.00 wib dilakukan penanganan atau operasi tangkap tawon (OTT). Kita  juga  berkoordinasi dengan Kepolsian dan TNI,” Kata Komandan Jogoboyo Suhono  kepada wartawan.

Pihaknya berharap kepada masyarakat jika ada sarang towon untuk segera dilaporkan dan jauhkan dari anak-anak. Ditambahkan selama bulan Januari pihaknya  diwilayah Trucuk sudah mengamankan  sarang tawon  hingga belasan titik. Adam

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00