• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Antisipasi Banjir, Dandim Sragen Kirim Pasukan Bersihkan Kali Mungkung Dari Sampah

16 January
15:58 2020
0 Votes (0)

KBRN, Sragen: Puluhan Prajurit TNI Kodim 0725 Sragen dikerahkan turun ke sungai Mungkung Kecamatan Sidoharjo, Kamis (16/1/2020). Kegiatan karya bakti TNI difokuskan pada pembersihan sampah dan ranting ranting pohon tumbang yang tersangkut di kaki jembatan lama sungai Mungkung.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Danramil 04/Sidoharjo Kapten Arh Jumadiyono. Personel yang mengikuti kurang lebih 50 orang perwakilan dari masing masing Koramil jajaran Kodim 0725/Sragen.

"Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI dalam rangka memberikan rasa nyaman dan peduli terhadap pencegahan bencana banjir akibat tersumbatnya aliran sungai," ungkap Dandim Sragen Letkol Kav Luluk Setyanto.

Dandim mengatakan, kegiatan ini bukanlah kali pertama dilakukan Kodim Sragen. Sebelumnya Kodim Sragen juga sudah sudah berulangkali melaksanakan kegiatan serupa pada Agustus lalu guna mengantisipasi datangnya musim hujan.

Dandim juga mengimbau masyarakat melalui babinsa agar melarang masyarakat di sekitar aliran sungai membuang sampah ke sungai.  Selain itu juga menyosialisasikan komitmen Bupati sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati untuk menegakkan aturan pada perda No. 3/2014, tentang pengelolaan sampah.

"Bagi siapapun yang membuang sampah sembarangan termasuk ke sungai akan diancam dengan sangsi pidana 3 bulan dan atau denda Rp 50 juta," tandas Dandim.

Salah satu warga bantaran sungai Mungkung, mbak Ning pemilik bengkel mobil, mengatakan sangat terimakasih sekali terhadap kepedulian TNI terhadap pencegahan bencana banjir yang dilakukan oleh anggota Kodim 0725/Sragen. Dia juga dengan sukarela menyumbangkan air minum guna membantu kegiatan tersebut. 

"Kami berharap dengan program Karya Bakti TNl ini bisa memberikan kontribusi posistif untuk terjaganya sungai mungkung  yang bersih," ucapnya.

  • Tentang Penulis

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

  • Tentang Editor

    Mulato Isha'an

    Mulato Isha'an RRI Surakarta<br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00