• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Dapat 6000 Keping Blangko E-KTP, Dispendukcapil Karanganyar Prioritaskan 3 Kategori

13 January
18:32 2020
0 Votes (0)

KBRN, Karanganyar: Sebanyak 6000 blangko E-KTP telah diterima Dinas Kependudukan Catatan Sipil-Dispendukcapil Kabupaten karanganyar untuk didistribuskan kepada masyarakat pada awal tahun 2019. Namun jumlah tersebut dinilai belum dapat mencukupi seluruh permohohan pembuatan E-KTP yang masuk di Dispendukapil Karanganyar.

Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil-Dispendukcapil Any Indriastuti  menjelaskan berdasarkan perhitungan, kebutuhan blangko E-KTP di karanganyar mencapai 60 ribu keping, bahkan jumlah tersebut telah diajukan sejak bulan november dan kembali diperbarui pada januari 2020, namun awal tahun ini hanya memperoleh jatah sebanyaak 6000 keping.

"Kalo kebutuhan kita itu sesuai perhitungan ya 60 ribu, sesuai dengan yang kita ajukan kemarian sejak november dan kita perbarui lagi pada januari, tapi kemarin waktu disuruh ngambil hanya dapet 6000," jelasnya saat dikonfirmasi RRI di ruang kerjanya, Senin, (13/1/20).

Padahal dari catatan dispendukcapil, terdapat 27 ribu 644 warga karanganyar yang masih menggunakan Surat keterangan Kependudukan (Suket) pengganti E-KTP Sementara.

Jumlah tersebut terdiri dari 17.774 kategori Print Redy Record (RPP) atau warga yang telah rekam data kependudukan namun masih menggunakan Suket lantaran stock blangko E-KTP habis, dan 9.870 warga yang merubah data kependudukan dan masih menggunakan Suket.

"Yang masuk kategori RPP itu ada 17.774 warga, sedangkan untuk yang kemarin ganti identitas menggunakan Surat keterangan adan 9.870 warga," terangnya.  

Lebih lanjut Any mengatakan 6000 blangko tersebut akan diprioritaskan untuk mencetak kartu E-KTP bagi warga yang termasuk di 3 kategori sesuai dengan surat edaran Dirjen Kependudukan dan catatan sipil Kemendagri, meliputi Print Redy Record (RPP), Perubahan Element data, dan Kerusakan serta kehilangan E-KTP akibat bencana.

"6000 nanti diprioritaskan untuk 3 kategori sesuai dengan anjuran Dirjen Kependudukan dan catatan sipil Kemendagri, untuk RPP, Perubaha element data, serta kehilangan e-ktp akibat bencana," jelasnya.

Eny menambahkan terkait kekurangan blangko pihaknya tidak dapat berbuat banyak lantaran pendistribusian blangko E-KTP merupakan kewenangan dari Dirjen Kemendagri.

"Kita yang di daerah gak bisa apa-apa, karena itu kan kewenangan dari atas (Dirjen Kependudukan dan catatan sipil Kemendagri)," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00