• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Siap Siaga Bencana, Relawan Kompak Latihan SAR di Waduk Kembangan

13 January
16:02 2020
0 Votes (0)

KBRN, Sragen: Ratusan relawan dari berbagai instansi dan komunitas mengikuti pelatihan search and rescue (SAR) bersama di Waduk Kembangan Sragen, Senin (13/1/2020). Kegiatan ini merupakan antisipasinya bencana dan kecelakaan air  di perairan Sungai Bengawan Solo

Sebanyak 110 personil relawan dari Polres Sragen, Kodim 0725/Sragen, BPBD Sragen mengikuti latihan gabungan SAR di Waduk Kembangan, Karangmalang. Mereka bekerjasama dengan tim relawan dari Perhimpunan Pecinta Alam Dan Kemanusiaan (Himalawu), PMI, SAR MTA, Tagana, Polisi Desa, dan pasukan Semut Ireng.

"Kegiatan ini merupakan antisipasinya bencana di sepanjang Sungai Bengawan Solo," ungkap Kapolres AKBP Yimmy Kurniawan didampingi Kalakhar BPBD Sragen Sugeng Priyono disela latihan. 

Menurut Kapolres, hal ini dilatarbelakangi banjir parah di 2007, yang berdampak sebagian besar wilayah Sragen. Selain itu pemetaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD setempat bahwa seluruh warga yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS) berpotensi terkena luapan Bengawan Solo.

Kapolres menyampaikan kegiatan ini sengaja melibatkan dari komponen- komponen dan perangkat yang ada. Guna menyinkronkan persepsi apabila nanti terjadi bencana.

"Namun kami harapkan tidak terjadi untuk tahun ini dan ke depan namun untuk mengantisipasi yang tidak kami inginkan kami harus mempersiapkan diri apabila kejadian tersebut terjadi kembali," kata Yimmy.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Sragen, Sugeng Priyono mengatakan materi yang disampaikan ialah teori basic yang harus dipahami oleh tim SAR. Teori basic ini bisa digunakan untuk penanganan laka air dan juga digunakan saat terjadi banjir.

"Harapannya latihan ini dapat meningkatkan kapasitas dan kerjasama seluruh regu SAR," ucap Sugeng. 

Pihaknya menyampaikan latihan tim gabungan ini merupakan inisiasi awal yang baru dilakukan setahun sekali ini. Namun tim relawan sudah secara periodik. 

Sedangkan pemateri perwakilan SAR Himalawu, Yudhi Sugiarto menyampaikan, materi yang diberikan segala teknik yang dilakukan ketika melakukan pertolongan kepada korban.  Meliputi mulai cara menggunakan pelampung, teknik penyelematan korban hingga tekhnik menaiki perahu karet. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00