• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PENDIDIKAN

Tak Bisa Latihan Karawitan Lagi, Sekolah Diterjang Banjir Gamelan SD Sabrang Lor Solo Hanyut

3 January
17:49 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta : Siswa SD Sabrang Lor, Kecamatan Jebres Kota Surakarta sekarang ini tidak bisa belajar seni karawitan lagi. Karena sejumlah gamelan hanyut akibat banjir dan longsoran tanah dari tebing di sisi utara sekolah yang merupakan lahan milik warga.

Saat hujan deras mengguyur  Solo beberapa waktu lalu, tebing yang sedang dibangun talud oleh pemilik tanah namun belum selesai ambrol membawa material air dan tanah masuk ke sebagian bangunan SD. Sejumlah gamelan kemudian hanyut,  demikian pula ruang praktek pembuatan kompos rusak,  pagar ada yang jebol dan ada pula kelas kemasukan lumpur.

Ketika melakukan inspeksi mendadak Jumat (03/01/2020 )Komisi IV DPRD Kota Surakarta melihat kelas yang terkena lumpur sudah dibersihkan. Ketua Komisi IV Putut Gunawan mengapresiasi tindakan menstrerilkan ruang karawitan dan ruang praktek pembuatan kompos, sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar.

“Karena hujan deras talud  yang akan segera dipasang itu sebagian sudah jadi sebagian cakar ayam yang baru dipasang itu diterjang kumpulan air, ambrol masuk SD Sabrang Lor. Merusak instalasi pembuatan pupuk kompos, kemudian ruang karawitan gamelan, banyak yang hilang belum terdata. Ada tembok yang jebol atau bolong, udah disterilkan dari kegiatan belajar mengajar, apapun itu harus diantisipasi secepatnya,” ungkap Putut kepada wartawan di sela-sela sidak.

Putut Gunawan menyatakan, pihaknya belum bisa menjanjikan secara pasti penggantian sarana karawitan tersebut karena juga belum ada pendataan secara rinci gamelan yang hanyut. Hanya saja melihat kondisi dan sejarah bangunan SD Sabrang Lor yang dulu merupakan SD Inpres.

“Ke depan sebaiknya digabung dengan SD Mipitan yang berada di samping ini. Kemudian dibangun ulang secara total secara komprehensif dengan konsep sekolah adiwiyata,” ujarnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00