• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PENDIDIKAN

Sekolah Pindah, Ratusan Pelajar di Solo Rela Berangkat Awal Demi Antre Naik Bus Geratis

3 January
17:25 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta : Dampak pemindahan sementara proses belajar mengajar SMP Negeri 18 Surakarta  di Kadipiro ke gedung SMP Negeri 3 di Timuran para pelajar harus berangkat pagi-pagi sekitar pukul 05.30 WIB dan  berkumpul di sekolah. Pemindahan sekolah dengan jarak sekitar 5 kilometer, berlangsung pada saat masuk sekolah  kembali di awal tahun 2020 ini.

Kondisi itu dilakukan siswa yang tidak bisa berangkat sendiri atau diantar orang tuanya. Mereka memilih menggunakan fasilitas  bus sekolah gratis yang disediakan Pemerintah Kota Surakarta . Siswa itu harus berangkat pagi benar, karena armada gratis tersebut, kemudian juga harus mengangkut para siswa SMP 3 ke sekolah baru mereka di Karangasem.

Saat melakukan inspeksi mendadak,  Jumat (03/01/2020 ) Rombongan Komisi IV DPRD Kota Surakarta melihat para siswa tersebut tetap bersemangat, kendatipun harus berangkat lebih awal. Karena mereka sudah terbiasa masuk pagi jam pelajaran ke 0.

Hanya saja pada saat hari pertama  masuk sekolah, ada persoalan menyangkut  kekurangan armada. Menurut Ketua Komisi IV Putut Gunawan, Hal itu terjadi karena kekeliruan teknik pendataan pihak sekolah.

“Hanya beberapa hal masih dibenahi karena terutama ketidakjelasan pendataan sehingga hari pertama antara armada yang disediakan antara hasil survey dengan antrian siswa yang mau ikut naik bus sekolah ndak seimbang. Karena ada kekeliruan teknik pendataan. Harapannya mulai mulai depan semuanya sudah berjalan lancar,” ungkap Putut Gunawan.

Menurut Politisi PDI Perjuangan tersebut, akibat ketidakseimbangan armada bus dan jumlah siswa, akhirnya didatangkan armada tambahan feeder BST untuk mengangkut. Persoalan itu pada saat wakil rakyat yang menangani pendidikan ini sidak sudah teratasi karena Pemkot langsung menyiapkan 7 armada bus.

Untuk diketahui, SMP Negeri 18 Surakarta pindah sementara ke SMP 3 karena gedung sekolah rurak. Sebenarnya bangunan masih tergolong baru, namun rusak bahkan mau ambrol sehingga harus dibangun ulang. 

Sementara itu  para pelajar  SMP Negeri 3 khususnya Klas 8 dan 9 yang sebenarnya masih menjalankan proses belajar di gedung lama, Timuran, Banjarsari mulai pindah Ke Karangasem. Mereka dipindahkan ke Gedung baru SMP 3 Karangasem bergabung dengan adik-adik kelasnya Klas  7 yang lebih dulu menempati lokasi baru. Wida

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00